TV Online Tribun Bali

VIDEO: 2.400 Bungkus Daging Kurban Dibagikan Masjid Chandra Asri

Masjid Chandra Asri menerima hewan kurban sebanyak sembilan ekor Sapi, dan 44 ekor kambing. Dimana terdapat peningkatan 100% ekor kambing

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Ratusan warga muslim Chandra Asri Gianyar, memadati Lapangan SMP Cipta Dharma Gianyar, Kamis (24/9/2015) pagi untuk mengikuti Salat Idul Adha 1436 H. Pelaksanaan Salat Idul Adha 1436H di lapangan ini diadakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Chandra Asri.

Pelaksanaan Salat Idul Adha dimulai sekitar pukul 06.30 Wita dengan Imam & Khatib, H Nur Muhammad.

“Pelaksanaan Salat Idul Adha tadi,saya rasa alhamdulilah berjalan dengan baik. Diikuti oleh warga Chandra Asri dan sekitarnya sekira mencapai 750 orang,” ungkap Ketua PHBI Chandra Asri, Syafah M Noer, Kamis.

Usai pelaksanaan Salat Idul Adha, Panitia melanjutkannya dengan penyembelihan hewan kurban. Untuk tahun ini, Masjid Chandra Asri menerima hewan kurban sebanyak sembilan ekor Sapi, dan 44 ekor kambing. Dimana terdapat peningkatan 100% ekor kambing dari tahun lalu yang hanya sebanyak 21 ekor kambing.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Chandra Asri, Gianyar dilakukan sekitar pukul 09.00 Wita. Puluhan panitia yang sudah dibentuk baik laki-laki dan perempuan secara gotong royong melakukan penyembelihan hewan kurban. Diawali menyembelih 44 ekor kambing lalu dilanjutkan dengan sembilan ekor sapi.

“Usai melaksanakan Salat Ied, dilanjutkan penyembelihan hewan kurban oleh panitia. Dimulai pukul 09.00 Wita sampai selesai. Insyallah pukul 15.00 Wita sudah selesai dan langsung dapat dibagikan kepada warga,” jelas Ketua Panitia Hewan Kurban, H Djasmadi kepada Tribun Bali di sela kesibukannya memotong hewan kurban.

Panitia hewan kurban Masjid Chandra Asri membagikan kupon pengambilan daging kurban kepada warga sekitar Chandra Asri sebanyak 1.200 kupon usai pelaksanaan salat Idul Adha. Sementara untuk warga Chandra Asri sendiri sebanyak 1.050 kupon. Sehingga total kupon pengambilan sebanyak 2.250 kupon.

Sementara diperkirakan dari sembilan ekor sapi dan 44 ekor kambing hewan kurban, pihaknya memperkirakan dapat mengumpulkan sebanyak 2.400 kantong daging. Dimana masing-masing kantong daging kurban beratnya mencapai satu kilogram. Tanpa adanya tulang di dalam kantong tersebut. “Diperkirakan akan dapat terkumpul sebanyak 2400 kantong daging. Masing-masing kantong mencapai satu kilogram di mana isi kantong tidak ada tulang. Semuanya daging,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi hewan kurban yang saat disembelih sedang sakit atau terkena penyakit, pihak Panitia Masjid Chandra Asri menyiagakan Dokter Hewan tiap tahun.

“Kita kerjasama dengan tim dokter hewan untuk memeriksa hewan kurban yang ada di sini. Terutama dari hewan kurban sapi diperiksa kondisinya sebelum disembelih. Setelah disembelih diperiksa jeroannya,” tambah Djasmadi.

Selain tim dokter, dari Dinas Peternakan Kabupaten Gianyar pun sempat mendatangi Masjid Chandra Asri guna melakukan sidak pemeriksaan kondisi hewan-hewan kurban yang akan disembelih.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: gunawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved