TV Online Tribun Bali

VIDEO: Metatah Massal di Desa Penarukan Ringankan Warga

Upacara metatah dilakukan secara massal adalah untuk meringankan beban biaya semeton dibanding jika menggelar metatah perseorangan.

VIDEO: Metatah Massal di Desa Penarukan Ringankan Warga
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Metatah Massal di Desa Penarukan Kerambitan Tabanan, Bali, Rabu (14/10/2015). 

TRIBUN-BALI.com, TABANAN - Griya Agung Sedaksa Penarukan, Kerambitan, Tabanan, Bali, dipenuhi keluarga warga yang mengikuti upacara yadnya metatah massal (upacara potong gigi), Rabu (14/10/2015) pagi.

Ketua Panitia Pelaksana Metatah Massal, Gusti Ngurah Gunastra mengatakan, ini adalah pertama kali pihak Desa Pakraman Penarukan mengadakan metatah massal.

"Ini pertama kalinya kita adakan metatah massal. Bisa saja perseorangan melakukan upacara yadnya metatah. Diikuti sebanyak 10 orang terdiri dari lima orang laki-laki dan lima orang perempuan," katanya.

Menurut Gunastra, di era kekinian seperti ini kita sebagai umat Hindu sudah barang tentu tidak putus-putunya yadnya.

Satu diantaranya yadnya metatah ini jika bisa dilakukan secara gotong royong kenapa tidak dilakukan secara bersama-sama.

Upacara metatah dilakukan secara massal adalah untuk meringankan beban biaya semeton dibanding jika menggelar metatah perseorangan.

Sebab, akan lebih murah biayanya dibanding diadakan perseorangan.

Jika perseorangan bisa mencapai Rp 50 juta, tetapi jika massal seperti ini per orang rata-rata Rp 5 juta.

“Jadi bisa lebih hemat jika metatah dilakukan massal. Selain itu efisien waktu juga. Sah-sah saja metatah dilakukan sendiri-sendiri. Barang tentu jika dilakukan massal biayanya lebih hemat dibanding sendiri-sendiri,” tegas Gunastra.

Dalam metatah massal yang diadakan di Desa Pakraman Penarukan, pihak Panitia Pelaksana mengundang Tribun BaliTribun Bali diwakili oleh Pimpinan Perusahaan Tribun Bali, Fauzan Marasabessy.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved