Siswa di Tabanan Berlomba Bikin Lagu dan Poster Kanker

Kegiatan lomba tersebut melibatkan 60 peserta mewakili dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA di wilayah Kabupaten Tabanan.

Siswa di Tabanan Berlomba Bikin Lagu dan Poster Kanker
Tribun Bali/ I Made Argawa
Ni Putu Eka Wiryastuti (kiri) menyerahkan jabatan Bupati Tabanan kepada Penjabat yang baru, I Wayan Sugiada (kanan) karena telah purna tugas, Senin (10/8/2015). 

TRIBUN-BALI.com, TABANAN - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Tabanan, Bali menggelar lomba membuat syair lagu dan poster tentang kanker dengan oerserta siswa siswi tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Tabanan.

Perlombaan ini sebagai upaya menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat menghindari kanker.

Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada didampingi Wakil Direktur Pelayanan dan Pengendalian Mutu Rumah Sakit Tabanan dr Ni Luh Gede Sukardiasih membuka kegiatan tersebut, Kamis (29/10/2015).

Kegiatan lomba tersebut melibatkan 60 peserta mewakili dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA di wilayah Kabupaten Tabanan untuk memperebutkan juara I, II dan III.

Tim juri melakukan penilaian dan para juara berhak mendapatkan piagam penghargaan serta uang sebesar Rp 700.000, untuk juara I, juara II Rp 500.000 dan juara III Rp 400.000.

Ketua YKI Cabang Tabanan Ny Putriasih Sugiada mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut didasarkan dengan program kerja YKI Cabang Tabanan tahun 2015.

Kegiatan itu tujuannya memberikan gambaran untuk dapat mengubah perilaku yang berisiko terjadinya kanker, sehingga pada akhirnya pengenalan kanker dapat dilakukan sedini mungkin melalui lagu dan poster.

Selain itu juga bertujuan untuk pengembangan program yang terintegrasi dengan kurikulum dan program usaha kesehatan sekolah (UKS) mulai dari sekolah dasar, SMP dan SMA.

"Mari sebarluaskan pada lingkungan Sekolah dan timbulkan kesadaran untuk melakukan deteksi dini dan berperilaku hidup sehat menghindari kanker," jelas Ny Putriasih Sugida.

Lomba itu merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk mengenalkan kanker sedini mungkin kepada para siswa SD, SMP, dan SMA melalui lomba membuat syair lagu dan poster tentang kanker.

Ia mengharapkan melalui kegiatan itu para siswa akan lebih mudah mengingatnya melalui lagu,

Penjabat Bupati Tabanan Wayan Sugiada menilai, lomba membuat syair lagu dan poster tentang kanker sangat membantu pemerintah kabupaten dalam upaya penurunan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit kanker.

Untuk itu Pemkab Tabanan sangat mendukung kegiatan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dengan setiap tahunnya memberikan bantuan dana.

"Untuk mewujudkan Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestasi (Serasi), kepada ketua YKI Cabang Tabanan beserta seluruh jajarannya agar terus berbuat dengan mengupayakan masyarakat peduli kanker. Saya percaya YKI cabang Tabanan akan mampu mewujudkan masyarakat Tabanan yang Sehat," kata Sugiada, seperti dikutip Antara. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved