Tip Sehat untuk Anda

Apa Golongan Darah Anda? Risiko Penyakitnya Juga Berbeda

Golongan darah bisa bercerita mengenai besaran risiko Anda terhadap beberapa penyakit atau gangguan kesehatan, itu benar karena sudah diuji

Apa Golongan Darah Anda? Risiko Penyakitnya Juga Berbeda
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Ada banyak hal yang bisa diceritakan oleh tipe darah Anda.

Di mesin pencari di internet, Anda akan menemukan tulisan-tulisan yang menyebutkan, bahwa golongan darah bisa menggambarkan sifat dasar hingga tipe pasangan yang cocok untuk Anda.

Benar atau tidaknya, kami tidak dapat menjelaskan.

Tapi, bahwa golongan darah bisa bercerita mengenai besaran risiko Anda terhadap beberapa penyakit atau gangguan kesehatan, itu benar karena sudah diuji oleh para ahli dengan berbagai riset ilmiah.

Inilah beberapa fakta dari golongan darah Anda, dikutip dari kompas.com.

 1. Daya pikat terhadap nyamuk

Orang dengan golongan darah O  dua kali lebih mungkin untuk menarik spesies nyamuk tertentu, dibandingkan orang dengan orang golongan darah lain, begitu menurut temuan  sebuah studi dari Jepang Institut Pest Control Technology. Tapi untungnya, risiko Anda terkena penyakit malaria yang mematikan lebih kecil. Itu karena protein malaria tidak bisa 'melekat' pada sel darah O seperti pada sel darah jenis lain.

 2. Bakteri di usus Anda

Beberapa tahun yang lalu, para peneliti Eropa menemukan spesies bakteri di usus manusia yang cenderung memecah diri menjadi tiga kategori yang berbeda. Para peneliti berhipotesis-tapi belum membuktikan-bahwa ini mungkin didasarkan pada golongan darah seseorang.

Sementara itu, tim peneliti lain dari Finlandia menemukan korelasi antara golongan darah dan strain tertentu bakteri usus. Implikasi dari hal ini cukup besar; jika dokter bisa memprediksi jenis strain bakteri yang menghuni usus berdasarkan golongan darah Anda, dia akan bisa merencanakan pola diet dan rekomendasi pengobatan untuk masalah pencernaan yang lebih akurat.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved