Menhub Dorong Pembangunan Kereta Api di Bali

Jalur direncanakan baru sebatas jalur Denpasar-Singaraja, dan bertujuan untuk mendukung pemerataan pembangunan antara Bali utara dan Bali selatan.

Menhub Dorong Pembangunan Kereta Api di Bali
Humas Pemprov Bali
Gubernur Bali Made Mangku Pastika bertemu dengan Menhub Ignasius Jonan di Ruang Transit VIP Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (13/11/2015). 

TRIBUN-BALI.com, MANGUPURA - Sinyal positif muncul Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan, terkait pembangunan sejumlah infrastruktur di Bali yang satu di antaranya adalah jalur transportasi kereta api.

Jonan mengungkapkan kesiapan pihak Kemenhub untuk membangun sarana transportasi tersebut, apabila Pemprov Bali telah memiliki lahan yang akan dialokasikan untuk pengembangan jalur dan sarana-sarana pendukung lainnya.

(Kereta Api Pertama di Bali Akan Melintas di Jalur Denpasar-Singaraja)

Namun pembangunan jalur yang direncanakan, menurutnya, baru bisa sebatas jalur Denpasar-Singaraja, dan bertujuan untuk mendukung pemerataan pembangunan antara Bali utara dan Bali selatan.

(Gubernur Bali Bersiap Adakan Study Route Jalur Kereta Api)

Sementara jika untuk keseluruhan pulau Bali diakuinya APBN belum bisa mendukung.

Demikian disampaikan Jonan, saat melaksanakan rapat dadakan sebelum bertolak ke Jakarta bersama Gubernur Bali Made Mangku Pastika di ruang transit VIP Terminal Domestik, Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (13/11/2015).

Hal lain yang disampaikan Ignasius terkait rencana pembangunan Bandara baru di Bali utara.

Dari kajian ruang udara, Ignasius menyatakan rencana pembangunan bandara tersebut tidak ada masalah.

Namun dari segi pembiayaan APBN juga belum bisa mendukung, karena terkendala mahalnya lahan di daerah tersebut dan Bali pun dianggap satu di antara provinsi yang cukup kaya.

Halaman
123
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved