Miris, Sekolah MI Pebuahan Nyaris Roboh Tergerus Abrasi

Gerusan abrasi semakin parah pada 2013 yang menyebabkan tiga warung makan lesehan seafood dan bangunan warga lainnya di pinggiran pantai hancur.

Miris, Sekolah MI Pebuahan Nyaris Roboh Tergerus Abrasi
Tribun Bali/I Gede Jaka Santhosa
Sejumlah warga berada di kawasan sekolah MI Nuris yang rusak akibat abrasi di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Minggu (15/11/2015). 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Gempuran abrasi di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali tak hanya mengancam pusat kuliner seafood di tepi pantai.

Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nuris yang masih beroperasi juga hampir roboh digerus abrasi.

Tak ayal sejumlah muridnya kini diungsikan ke bangunan lainnya untuk mengikuti proses belajar mengajar.

Perbekel Banyubiru, Masturi kepada Tribun Bali Minggu (15/11/2015) mengatakan, abrasi di Banjar Pebuahan sudah terjadi sejak tahun 2012 lalu.

Namun gerusan abrasi semakin parah pada 2013 yang menyebabkan tiga warung makan lesehan seafood dan bangunan warga lainnya di pinggiran pantai hancur.

Pihaknya sudah melapor ke Pemkab Jembrana pada tahun 2013 lalu.

Namun, hingga sekarang abrasi di Pantai Pebuahan tak kunjung ditangani.

Sejumlah warga berusaha menahan gempuran abrasi secara swadaya membuat tanggul dari karung berisikan pasir maupun membangun senderan abrasi dengan biaya swadaya.

“Abrasinya sudah semakin parah sejak dua tahun belakangan ini. Namun sudah diukur dan diteliti tim pengkaji. Panjang pantai yang kena abrasi sekitar 1 km. Tahun 2016 nanti akan ditangani pihak terkait,” katanya.

“Ada sekitar tiga warung makan seafood yang terkena abrasi sampai dibongkar. Bahkan sekarang MI Nuris nyaris roboh bangunannya akibat abrasi. Sejumlah muridnya juga diungsikan di bangunan lainnya agar bisa belajar,” jelas Masturi. (*)

Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved