Petinju Dunia Ini Beralih Jadi Penjual Batu Akik

Kehidupan dan kejayaan tak pernah statis. Seperti yang dialami oleh petinju dunia ini, yang beralih jadi penjual batu akik

Petinju Dunia Ini Beralih Jadi Penjual Batu Akik
Youtube

TRIBUN-BALI.COM - Kehidupan dan kejayaan tak pernah statis.

Ketika Tuhan memberikan ridho, maka nasib seseorang akan menanjak pesat.

Junai Ramayana, yang diberikan rahmat-Nya untuk menekuni tinju, sempat mencengangkan dunia dengan menggenggam juara IBF Intercontinental (Int) kelas bantam. Namun, kini Junai hanyalah mantan petinju yang terlupakan dan jadi penjual batu akik.

Sorot mata penuh semangat terpancar dari pria kelahiran 20 Juni 1970 ini. Hidup sederhana di rumahnya yang kecil, di Jl Kali Kepiting, tak membuatnya kehilangan harapan untuk suatu saat menekuni dunia yang sempat mengangkat nasibnya, tinju.

Bukan lagi turun di ring tinju seperti 25 tahun lalu, tapi membantu mencetak petinju profesional Jatim hingga tingkat internasional.

Kerinduannya pada kejayaan tinju Jatim di eranya, selalu ingin terlontar dari lubuk hati terdalam.

"Tinju di Jatim dan Indonesia saat ini mati suri karena jarang ada pertandingan. Padahal bibit petinju di sini cukup bagus. Jika ada promotor yang gila tinju dan petinju potensial, saya pikir tinju di Indonesia bangkit lagi," terangnya, Rabu (28/10/2015).

Ingatan akan masa lalunya pun terbayang ketika pria asal Aceh ini menapaki dunia tinju, yang mengantarnya jadi juara IBF Int kelas Bantam pada 1990-an silam.

Dimulai dari tinju amatir di Medan pada 1986-an, dia memutuskan hijrah ke Surabaya dan terjun di tinju profesional. Pria gempal ini lalu berlatih di Sasana Sawunggaling milik Setijadi Laksono.

Bakat yang bagus, membuat karirnya pun melesat. Junai mampu merebut sabuk juara IBF Int kelas bantam, setelah mengandaskan Fransisco Aroyo (Panama) pada 1992 silam di Surabaya. Saat itu Junai mampu menang KO di ronde 4.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved