Breaking News:

Tidak Semua Penyakit Bisa Sembuh dengan Antibiotik

Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan menyebabkan resistensi. Hal ini tidak bisa dibiarkan atau dipandang sebelah mata,

Penulis: Cisilia Agustina. S | Editor: gunawan
Tribun Bali
(kiri-kanan) Para pembicara Kampanye Pekan Peduli Antibiotik Sedunia, Nursilla Dewi (CO WHO Indonesia), Bayu Teja Muliawan (Direktur Bina Pelayanan Kefarmasian, Kementerian Kesehatan RI), dr Purnamawatin, SpA(K) memberikan edukasi akan bahaya antibiotik yant digunakan tidak bijak di Rumah Sanur, Jumat (20/11/2015). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan menyebabkan resistensi. Hal ini tidak bisa dibiarkan atau dipandang sebelah mata, karena efek medisnya bisa menyebabkan kematian.

Berangkat dari masalah itu, guna mengantisipasi dan mensosialisasikan bahaya tersebut, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) tahun 2015 ini mencanangkan Pekan Peduli Antibiotik Sedunia, 16-22 November 2015.

Lewat sebuah kampanye berslogan "Antibiotics: Handle with Care", WHO ingin mengajak masyarakat luas untuk memanfaatkan antibiotik secara tepat dan bijak. Tidak semua penyakit bisa disembuhkan atau ditangani dengan mengonsumsi antibiotik.

Hal ini disampaikan Communication Officer WHO Indonesia, Nursila Dewi dalam diskusi Peringatan World Antibiotic Awareness Week Pertama di Rumah Sanur, Jalan DanauPoso, Jumat (20/11/2015).

"Flu, batuk dan diare tidak perlu antibiotik, cukup dengan banyak minun air dan istirahat. Tidak ada hubungan penggunaan antibiotik dengan penyakit-penyakit ini," ujar Nursila.

Tidak hanya menjadi masalah yang harus ditangani oleh pihak medis, namun penggunaan antibiotik yang tidak tepat ini juga harus ditanggapi dengan cermat oleh masyarakat.

Menuruntnya lewat kampanye ini mereka ingin mengedukasi masyarakat untuk menjadi smart patients.(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved