Bupati Gianyar Dapat Penghargaan DMI di Jakarta

Anugrah ini juga berkat keberhasilan Pemkab Gianyar dalam memfasilitasi terbentuknya gerakan dari, oleh dan untuk masyarakat desa.

Bupati Gianyar Dapat Penghargaan DMI di Jakarta
istimewa
Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bhrata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, I Made Wata menerima Penghargaan DMI di Jakarta, Rabu (2/12/2015). 

TRIBUN-BALI.com, GIANYAR - Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata menerima anugerah Desa Membangun Indonesia (DMI) dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Marwan Jafar, di Ancol, Jakarta, Rabu (2/11).

Bupati Gianyar yang diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, I Made Wata mengatakan, anugerah tersebut merupakan keberhasilan Pemkab Gianyar, Bali, dalam memberdayakan masyarakat desa.

DMI merupakan bentuk motivasi dan optimalisasi penggunaan anggaran desa yang diamanatkan UU No 6 tahun 2014 tentang Desa.

Bupati Gianyar merupakan bupati di Indonesia yang terpilih sebagai Pembina Terbaik dalam memberdayakan serta membentuk pelbagai regulasi pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa.

“Keberhasilan Pemkab Gianyar tidak terlepas dari program-program pemberdayaan yang diregulasikan sebelum pelaksanaan UU Desa, seperti Program Siaga Desa Swatantra (PSDS), BLM Petani, PIK serta BLM Sekaa Teruna yang merupakan metamorfosa pascapelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan, semua program tersebut memiliki spirit implementasi pelaksanaan UU Desa,” kata I Made Wata.

Anugrah ini juga berkat keberhasilan Pemkab Gianyar dalam memfasilitasi terbentuknya gerakan dari, oleh dan untuk masyarakat desa.

Keberhasilan Kabupaten Gianyar tidak bisa dilepaskan dari program-program pemberdayaan yang diimplementasikan oleh Bupati AA Bharata sebelum adanya UU Desa, seperti Program Siaga Desa Swatantra (PSDS) yang merupakan metamorfosa PNPM Mandiri Perdesaan yang spiritnya sama dengan UU Desa, Dari Oleh Untuk Masyarakat atau kini dikenal dengan gerakan desa membangun.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gianyar, Kadek Suardika mengatakan, Anugerah Desa Membangun Indonesia untuk kabupaten ada tiga katagori yaitu, pembina kabupaten terbaik bidang perencanaan pembangunan masyarakat desa.

Pembina kabupaten terbaik bidang peningkatan kapasitas masyarakat desa.

Pembina kabupaten terbaik bidang regulasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pembina terbaik juga diberikan kepada beberapa gubernur di Indonesia, termasuk Gubernur Bali.

Anugerah juga diberikan kepada kepala desa, yakni desa terbaik dalam bidang penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Desa terbaik dalam prioritas penggunaan dana desa dan padat karya.

Desa terbaik percepatan pemanfaatan Dana Desa dan pendayagunaan potensi lokal. Bupati Gianyar merupakan satu di antara dari sembilan kabupaten se-Indonesia yang diberikan anugerah DMI.

“Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) pun diberikan penghargaan Anugerah Desa Membangun Indonesia,” katanya. (*)

Penulis: I Putu Darmendra
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved