Kualitas Air Tukad Unda Klungkung Kurang Sehat, Warga Tetap Mandi di Sungai

Bakteri E Coli memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan infeksi saluran kemih hingga diare.

Kualitas Air Tukad Unda Klungkung Kurang Sehat, Warga Tetap Mandi di Sungai
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Sungai Unda, sungai terbesar di Bali yang melintasi wilayah Klungkung memiliki kualitas air kurang baik, Selasa (1/12/2015). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Sungai (Tukad) Unda yang mengalir tenang ramai dikunjungi masyarakat Klungkung, Bali, Selasa (1/12/2015).

Air di sungai ini tampak jernih, sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat mencuci, mandi, hingga menggosok gigi.

“Saya sudah sering mandi dan mencuci. Airnya jernih,” ungkap Ni Made Sriasih, warga asal Kamasan saat ditemui Tribun Bali sedang gosok gigi di Sungai Unda.

Ia pun mengaku tidak pernah khawatir dengan kandungan bakteri Escherichia coli yang terkandung di sungai tersebut.

“Selama saya mandi di sini saya tidak pernah ada masalah dengan kulit atau diare. Jadi saya tidak khawatir,” jelas Sriasih sembari tersenyum.

Sungai Unda merupakan satu di antara sungai yang airnya memiliki kualitas di atas baku mutu baik kelas 1 atau dengan kata lain airnya kurang sehat.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No 8 tahun 2007, air sungai masuk dalam  keadaan baik jika memiliki standar coliform-nya 500 MPN/100 ml.

Berdasarkan hasil survei Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Klungkung terhadap tiga sungai besar di Klungkung pada musim kemarau tahun 2014 diketahui seluruhnya memiliki air dengan kualitas kurang baik atau diatas baku mutu baik karena banyak mengandung bakteri E Coli.

Adalah Sungai Unda, Tukad Bubuh, dan Tukad Jinah.

Di Sungai Unda menunjukan, sungai ini memiliki nilai coliform 130.000 MPN/100ML, pada tengahnya memiliki nilai coliform 120.000 MPN/100ML, dan pada hilir memiliki nilai 79.000 MPN/100ML.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved