Breaking News:

Keterikatan Historis Pura Maospahit dan Majapahit Difilmkan

Rencananya film ini akan diputar sebanyak 70 kali dalam setahun untuk menginspirasi masyarakat dan mudah mendapatkan pengetahuan sejarah

Tribun Bali/Cisilia Agustina S
Dua orang wisatawan asing mengunjungi Pura Maospahit, Denpasar, Bali yang merupakan jejak perjalanan Kebo Iwa 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kota Denpasar memiliki cagar budaya yang  bernilai sejarah, wajib dilestarikan, yakni Pura Maospahit.

Pura ini berada di Banjar Grenceng, Jalan Sutomo, Denpasar, Bali.

Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Kota Denpasar baru saja membuat dokumentasi terbaru dari pura ini melalui film dokumenter berdurasi 30 menit.

Pembuatan film rampung pada hari Senin (7/12/2015) dan digarap sejak bulan September 2015 lalu.

Film yang menayangkan kisah sejarah dan kondisi fisik pura, yang dibangun oleh Kebo Iwa pada tahun 1200 Saka ini, diharapkan bisa menjadi data dan informasi kepada masyarakat, baik di Denpasar, maupun Bali secara keseluruhan.

“Diharapkan film dokumenter ini menjadi sumber informasi terhadap situs-situs peninggalan sejarah yang ada di Kota Denpasar,” ujar Putu Budiasa, Kepala BPAD Kota Denpasar.

Rencananya film ini akan diputar sebanyak 70 kali dalam setahun untuk menginspirasi masyarakat dan mudah mendapatkan pengetahuan sejarah yang ada di kawasan tempat tinggalnya.

Film dokumenter ini berisi penjelasan dari para narasumber, yakni Pemangku Pura Maospahit, para pakar, termasuk akademisi, tokoh masyarakat hingga perwakilan dari Persatuan Hindu Dharma Indonesia, oleh Ketua Pengurus Harian PHDI  Pusat, I Ketut Wiana.

Perihal rampungnya pembuatan film dokumenter ini, Jro Mangku Ketut Gede Sudiasna, selaku Pemangku Pura Maospahit, mengaku belum melihat hasil akhir dari film dokumenter itu dari pihak BPAD Kota Denpasar.

Sudiasna berharap isi yang ditayangkan mengenai pura yang konon memiliki keterikatan historikal dengan Kerajaan Majapahit tersebut sesuai dengan sejarah dan fakta-fakta yang ada.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved