Pra Peradilan Cokorda Agung Gede Pariwirta Ditolak

Dengan ditolaknya pra peradilan ini, Polres Gianyar selaku tergugat sumringah atas kemenangan ini.

Pra Peradilan Cokorda Agung Gede Pariwirta Ditolak
Tribun Bali/I Putu Darmendra
Suasana sidang pra pradilan atas penetapan status tersangka yang digelar di PN Gianyar, Senin (14/12/2015) 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Upaya pra peradilan yang diajukan Cokorda Agung Gede Pariwirta ke Pengadilan Negeri (PN) Gianyar atas penetapan status tersangka akhirnya ditolak.

Dengan ditolaknya pra peradilan ini, Polres Gianyar selaku tergugat sumringah atas kemenangan ini.

"Permohonan dari pemohon ditolak. Ini artinya bisa dikatakan kami akhirnya menang. Penyidikan sudah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, maka perkara itu bisa kami lanjutkan," kata AKPB I Made Parwata yang menjadi kuasa Kapolres Gianyar, Bali, Senin (14/12/2015).

Dengan keputusan ini, ia mengaku puas.

Menurutnya, keputusan penetapan tersangka terhadap Cokorda Agung Gede Pariwirta yang dilakukan jajaran Polres Gianyar sudah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Dalam sidang yang berlangsung pada, Senin (14/12/2015) kemarin, hakim ketua memutuskan menolak permohonan pra peradilan pemohon.

"Menolak sepenuhnya permohonan pemohon yang telah diajukan. Membebankan seluruh biaya persidangan kepada  pemohon," kata hakim tunggal, Wawan Edi Prasetiyo.

Berdasarkan amar putusan yang dibacakan hakim ketua, dalil pemohon pra peradilan yang menyatakan pemeriksaan, penyidikan dan penetapan tersangka yang dianggap terburu-buru tidak menjadi pertimbangan.

Menurut hakim, kecepatan penyidik melakukan tindakan penyidikan yang diperlukan, adalah kewajiban bagi penyidik yang justru bermanfaat bagi pencari keadilan.

Sepanjang kecepatan itu perpijak pada asas due process of law dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan sama di hadapan hukum.

Halaman
12
Penulis: I Putu Darmendra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved