Senderan di Pantai Kampung Anyar Singaraja Jebol Tiap Tahun, Kewenangan Siapa Ya?

Senderan di Pantai Kampung Anyar, Singaraja, Bali, jebol setelah dihantam ombak sejak tiga hari lalu, Sabtu (26/12/2015).

Senderan di Pantai Kampung Anyar Singaraja Jebol Tiap Tahun, Kewenangan Siapa Ya?
Tribun Bali/ Lugas Wicaksono
Nyoman Bui menunjukkan senderan yang jebol di Lingkungan Kadek Klodok, Kelurahan Kampung Anyar, Singaraja, bali, Senin (28/12/2015). 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Senderan di Pantai Kampung Anyar, Singaraja, Bali, jebol setelah dihantam ombak sejak tiga hari lalu, Sabtu (26/12/2015).

Lebar jebolan senderan itu satu meter dengan panjang tiga meter.

Seorang nelayan, I Nyoman Bui, mengatakan akibat jebolnya senderan tersebut, jalan di pinggir pantai itu tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

Padahal selama ini, jalan itu menjadi akses utama transportasi warga setempat, yang sebagian berprofesi sebagai nelayan untuk mengangkut hasil tangkapan ikan.

“Jebolnya karena kena ombak terus-terusan, akhir-akhir ini kan ombaknya keras sekali, cuacanya nggak bagus. Sekarang sudah nggak bisa dilalui mobil, sepeda motor saja lewatnya harus gantian,” ujar Bui, Senin (28/12/2015).

Kejadian ini tidak sekali saja terjadi di kawasan itu.

Hampir setiap tahun selalu saja ada bagian senderan yang jebol dihantam ombak.

“Kalau soal senderan jebol ini sudah setiap tahun. Waktu musim ombak besar selalu jebol. Tahun lalu juga begitu, tapi diperbaiki lagi sama Muhammad, juragan rongsokan di sini,” katanya.

Ia mengetahui setiap kali ada senderan jebol, ada seorang warga yang memiliki modal, berinisiatif untuk memperbaikinya sendiri.

“Dua tahun lalu Abdul yang perbaiki, yang perbaiki ya warga sini saja, gantian siapa yang punya modal. Kalau saya nelayan nggak punya modal untuk perbaiki,” ucapnya.

Senderan itu menurutnya dibangun Pemkab Buleleng sekitar 15 tahun lalu.

Halaman
12
Penulis: Lugas Wicaksono
Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved