Breaking News:

Banyak Beredar Lukisan Palsu di Indonesia, Asli Tak Selalu Bertanda Tangan

Pemalsuan lukisan menjadi hal yang kerap terjadi di ranah seni rupa Indonesia, begitu juga di Bali.

internet
Ilustrasi melukis. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemalsuan lukisan menjadi hal yang kerap terjadi di ranah seni rupa Indonesia, begitu juga di Bali.

Budhi Setiadharma, kolektor sekaligus bagian dari Perkumpulan Pencinta Seni Rupa Indonesia (PPSI) mengatakan, problematika ini sudah menjadi bagian dalam perkembangan seni rupa Indonesia.

Menurut Budhi Setiadharma, Bali menjadi satu di antara tempat berkumpulnya beragam seni dan budaya, mulai dari seni tradisional, kontemporer dan juga modern.

“Jangan pernah mimpi lukisan palsu Indonesia akan habis,” ujar Budhi dalam diskusi dan pameran seni rupa bertajuk “Lukisan Asli dan Palsu: Problematik Seni Rupa Kita”, Jumat (22/1/2016).

Budhi menyampaikan bahwa bukan berarti hal ini tidak perlu disikapi.

Justru harus ada pemahaman berupa edukasi tentang pentingnya mengetahui suatu lukisan itu benar-benar asli atau palsu.


Press conference diskusi dan pameran seni rupa bertajuk “Lukisan Asli dan Palsu: Problematik Seni Rupa Kita”di Danes Art Veranda, Denpasar, Bali, Jumat (22/1/2016). (Tribun Bali/ Cisilia Agustina Siahaan)

“Keaslian lukisan tidak hanya dilihat dari tanda tangan sang pelukisnya saja. Tanda tangan pun bisa dipalsukan,” ujar Budhi.

Sementara itu, Adi Wicaksono sebagai salah satu dari penulis buku “Jejak Lukisan Palsu di Indonesia” menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu dicermati dalam melihat otentifikasi sebuah karya lukisan.

Di antaranya dengan melihat riwayat karya tersebut, analisis secara visual dan tes forensik.

“Yang sulit untuk di Indonesia adalah tes forensik ini dan mahal. Masih belum lazim, kalau di luar negeri sudah ada ada alatnya. Kalau tidak salah di ITB sudah ada,” ujar Adi.

Halaman
12
Penulis: Cisilia Agustina. S
Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved