Serunya Anak-anak SD di Klungkung Tarikan Barong Bangkung

Suara gamelan baleganjur terdengar riuh, selaras dengan sorak sorai dan tepuk tangan penonton.

Serunya Anak-anak SD di Klungkung Tarikan Barong Bangkung
Tribun Bali
Penampilan tarian Barong Bangkung di depan Puri Agung Klungkung, Selasa (26/1/2016) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kota Semarapura diguyur hujan gerimis, Selasa (16/1/2016) sore. Meski begitu, kondisi sore itu tidak menghalangi ratusan warga untuk berkerumun di depan Puri Agung Klungkung.

Suara gamelan baleganjur terdengar riuh, selaras dengan sorak sorai dan tepuk tangan penonton.

Ketika itu, beberapa anak-anak SD di Kecamatan Klungkung tampak lihai menarikan tarian barong bangkung di hadapan para warga. Gerakan mereka selaras dengan tabuh baleganjur yang juga dimainkan oleh anak-anak SD.

Mereka tampak antusias berpartisipasi dalam lomba mapang (menari) barong untuk anak SD, dalam rangka Pekan Olah Raga, dan Seni Pelajar (Porsenijar) di Kecamatan Klungkung.

Di antara kerumunan warga, I Made Widya Nanda (11), siswa SDN 2 Tegak, tampak tidak sabar untuk tampil dihadapan warga dan Camat Klungkung. Ia terus berusaha memperagakan tarian barong, meskipun dia dan gugusnya belum mendapatkan giliran tampil.

"Sudah tidak sabar buat tampil, kalau keburu hujan deras, nanti takutnya tidak ada yang nonton," ujar I Made Widya Nanda dengan polosnya.

Made Widya Nanda mengaku sudah dua minggu lebih latihan dan mempersiapkan diri untuk tampil di Porsenijar tahun 2016 ini.

Ia mengaku sangat senang bisa mewakili sekolahnya dan gugusnya untuk menari barong bangkung.

"Saya tentu sangat senang. Selain bisa melestarikan budaya, ini juga bisa melatih kekompakan. Untuk menari barong, kita tidak bisa sendiri. Satu tim ada 14 orang, semua harus kompak dan selaras mengikuti suara gambelan. Gerakan penari barong juga harus kompak dengan pasangannya," Jelas anak yang masih duduk di kelas V SD ini.(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: gunawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved