Breaking News:

Tragedi Angeline

Ketika Rekaman Pemeriksaan Agustay di Polresta Denpasar Dipertontonkan

"Itu tidak bisa dibantah. Saat itu tidak ada penyiksaan. Dia ngaku sendiri. Lihat saja di rekaman. Jaksa supaya lihat videonya," ujar Hotma.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Kuasa hukum Margriet memutar rekaman pemeriksaan Agustay disela pembacaan duplik dalam sidang kasus pembunuhan Engeline di PN Denpasar, Senin (22/2/2016). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Haposan Sihombing, kuasa hukum Agustay Handa May, tersangka pembunuhan Engeline (8) tak habis pikir, bagaimana bisa arsip negara bocor ke mana-mana.

Tanggapan ini disampaikan Haposan menyusul pemutaran video proses pemeriksaan oleh penyidik Polresta Denpasar terhadap Agustay di sidang duplik dengan tersangka Margriet Ch Megawe di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Senin (22/2/2016).

(Vonis Senin Depan, Hotma Sitompoel Minta Margriet Diputus Bebas)

Video itu berisikan pemeriksaan Agustay tanggal 10 dan 13 Juni 2015 dan ditemani oleh penasehat hukumnya. Rekaman tersebut berisi pengakuan Agustay sebagai pembunuh dan pemerkosa Engeline.

“Sepengetahuan saya pada saat mendampingi Agustay yang bisa merekam itu hanyalah penyidik. Artinya, itu merupakan arsip daripada polisi dan rahasia negara. Kalau rahasia negara itu bisa didapatkan, kami patut mencurigai begitu kuatnya seorang Margriet bisa melobi polisi dan mndapatkan rekaman tersebut,” ujar Haposan, usai persidangan.

Namun ia berpendapat, dengan diputarnya rekaman tersebut dan masuk ke dalam duplik justru merugikan pengacara Margriet.

“Siapa yang sebenarnya bodoh. Justru dengan dihadirkannya rekaman pemeriksaan Agustay, itu menunjukan Margriet punya kekuatan untuk mempengaruhi pihak kepolisian atau oknum polisi,” ujarnya.

Haposan juga akan meminta agar lembaga kepolisian menelusuri dari mana tim penasehat hukum Margriet mendapatkan rekaman pemeriksaan Agustay Handa May.

“Dengan kejadian ini, seharusnya polisi menindaklanjuti kenapa sampai rekaman itu bisa keluar, apakah itu resmi diminta oleh pengacara Margriet, atau ada oknum yang mengeluarkan itu,” ujarnya.

Dalam sidang kemarin, di sela-sela pembacaan duplik, pengacara Margriet, Hotma Sitompoel bersama tim memutar video pemeriksaan Agustay oleh penyidik Polresta Denpasar.

Halaman
12
Penulis: Putu Candra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved