Tip Sehat Untuk Anda

Kunyah Permen Karet Bila Anda Malas Berdiet

Jika rasa lapar mulai datang, cobalah untuk mengunyah permen karet rendah kalori.

Kunyah Permen Karet Bila Anda Malas Berdiet
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Mungkin kita selalu berpikir bila ingin menurunkan berat badan membutuhkan usaha yang amat keras. Seperti mati-matian untuk berolahraga di gym, atau menjaga pola makan kita dengan ketat. Tapi kini terdapat 11 cara ‘malas’ untuk membakar kalori dengan mudah.

Berikut caranya:

1. Meminum beberapa kopi. Ternyata kafein dapat membantu kita untuk membakar kalori. Terlebih lagi, kafein dapat membantu pembakaran kalori di dalam tubuh selama tiga jam setelah kita meminumnya. Kita juga bisa mencoba teh jika tidak menyukai kopi.

2. Hold (un)steady. Kita bisa menggunakan gym ball untuk membakar kalori. Duduk di gym ball atau stability ball dapat membakar kalori pada tubuh sebanyak 260 kalori. Hal ini lebih banyak dibandingkan duduk di kursi pada umumnya.

3. Go paleo – lite. Cara ini maksudnya tidak lain adalah diet. Cobalah untuk melakukan diet dua kali dalam seminggu. Caranya bisa dengan memotong asupan karbohidrat. Cara ini lebih efektif daripada memotong asupan kalori setiap hari.

4. Mengunyah permen karet. Jika rasa lapar mulai datang, cobalah untuk mengunyah permen karet rendah kalori. Dengan begitu, setidaknya kita telah memotong 10 persen total kelebihan kalori yang berasal dari cemilan.

5. Menurunkan suhu ruangan. Ketika berada di tempat yang relatif dingin, tubuh kita akan membakar kalori dan lemak lebih banyak. Kita bisa menyetel suhu ruangan sekitar 69°F  (20°C).

6. Mengonsumsi makanan pedas. Ternyata dengan memakan makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme kita sebanyak 23 persen.

7. Istirahat. Strength training (latihan kekuatan) dua kali seminggu, memiliki efek yang sama pada latihan tiga kali seminggu. Jadi, cobalah untuk memberi waktu istirahat pada tubuh kita.

8. Tetap tenang.  Kondisi pikiran yang tenang dapat menjaga kita dari makan berlebih. Wanita yang dilanda stres akan mengonsumsi 104 kalori lebih banyak, dibandingkan dengan wanita yang tidak stes.

9. Kurangi konsumsi alkohol. Sebaiknya kita memotong asupan alkohol pada tubuh kita. Contohnya seperti megonsumsi bir. Dua botol bir dapat memperlambat pembakaran lemak sebanyak 73 persen.

10. Tetap aktif. Dengan tubuh yang aktif, kalori pun akan berkurang. Ketika berada dikantor cobalah mengambil waktu untuk berjalan-jalan. Dengan begitu, ratusan kalori bisa terbakar dibandingkan hanya duduk di kursi.

11. Rutin berolahraga. Tapi yang dimaksud bukanlah latihan secara terus-menerus. Dengan olahraga 10 menit tiap harinya, akan membantu mempercepat metabolisme kita selama satu jam.(Intisari/Ilham Pradipta Mulya)

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved