Pasar Badung Terbakar

1.683 Pedagang Korban Kebakaran Ada yang Tidak Mau Dipindah, Padahal….

Saat terbakar, total ada 1.683 kios dan lapak di Pasar Badung yang terdiri dari empat lantai itu. Di lantai paling atas tidak terdapat kios,

1.683 Pedagang Korban Kebakaran Ada yang Tidak Mau Dipindah, Padahal….
Tribun Bali/Prima

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, I Wayan Gatra, Rabu (2/3/2016) kemarin ikut turun ke lokasi Pasar Badung untuk meyakinkan pedagang agar tidak perlu khawatir bakal tak bisa balik tatkala gedung baru Pasar Badung selesai dibangun.

Gatra mengungkapkan, Pemkot Denpasar kemungkinan besar bakal membongkar fisik Pasar Badung yang terbakar itu.

(Bangun Kembali Pasar Badung, Hanya Pedagang Ini yang Dipindahkan Sementara)

Sebab, secara kasat mata, fisik pasar yang terbakar itu sudah tidak layak lagi dipertahankan.

Apalagi Pasar Badung sudah terbakar dua kali dalam 14 tahun terakhir.

"Jelas terlihat sudah tidak baik Pasar Badung yang terbakar itu digunakan. Bahaya, karena sudah dua kali terbakar. Jadi, kami pikirkan sekarang untuk dibangun kembali. Saya minta masyarakat atau pedagang bisa memahami. Pemerintah memfasilitasi dengan memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan pedagang," kata Gatra kepada awak media.

Ia mengajak para pedagang untuk melakukan komunikasi dengan baik, dengan harapan pemahaman pemerintah dan pedagang bisa satu persepsi soal pemindahan.

"Kita lakukan pendekatan terus ke pedagang sampai pemahaman kita sama. Yang jelas semua bermuara untuk kepentingan masyarakat, yakni cepat bisa berjualan dan cepat bisa merenovasi. Saya perkirakan paling tidak dua tahun untuk membangun kembali Pasar Badung," kata Gatra.

Penegasan serupa juga diungkapkan Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Terkait adanya pedagang yang menolak untuk pindah sementara, menurut Rai Mantra, pihak Pemkot akan terus melakukan pendeketan untuk meyakinkan para pedagang.
“Sebetulnya, secepatnya mereka harus direlokasi. Bangunan itu (gedung Pasar Badung) tidak bisa dipertahankan lagi, harus dibongkar. Meskipun untuk itu akan ada kajian dulu,” kata Rai Mantra, Rabu (2/3/2016).
Rai Mantra juga menjamin jika setelah dibongkar, bangunan baru Pasar Badung akan tetap menjadi pasar tradisional atau pasar rakyat.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved