Hari Raya Nyepi

‎Krisna Murka Tema Kisah Ogoh-ogoh di Kuta Ini

Ogoh-ogoh besar nan unik dengan simbol peperangan antara Bomantaka dan Krisna ini, disajikan dengan tarian dan alunan musik khas Bali.

‎Krisna Murka Tema Kisah Ogoh-ogoh di Kuta Ini
Tribun Bali/Manik Priyo Prabowo
Krisna Murka sebagai tema Kisah Ogoh-ogoh STT Banjar Mertha Jadi di Kuta, Badung, Bali, Selasa (8/3/2016). 

TRIBUN-BALI.com, MANGUPURA - Surga yang menjadi simbol dari ketenangan, kenyamanan dan keindahan ternyata porak poranda dan hampir hancur oleh ulah Bomantaka.

Mendengar adanya laporan tersebut, Sang Krisna yang menjaga surga pun murka kepada Bomantaka.

Begitulah sepenggal puncak cerita ogoh-ogoh Bomantaka yang dipertontonkan oleh sekaa teruna teruni dari Banjar Merta Jati.

Ogoh-ogoh besar nan unik dengan simbol peperangan antara Bomantaka dan Krisna ini, disajikan dengan tarian dan alunan musik khas Bali.

"Ceritanya Krisna mendapatkan laporan adanya perusakan surga oleh Bomantaka. Setelah Krisna mendengar tersebut, Krisna langsung marah dan bertarung dengan Bomantaka. Kita bermain lebih dari 30 orang pemuda dan pemudi atau dikenal dengan sekaa truna truni. Kita main pertama dan kia sajikan dengan kemampuan yang maksimal," jelas I Gede Angga Krisna Satria (16), pemuda yang duduk di kelas 10 SMA Kuta Pura usai menggelar pertunjukan tarian dan musik bersama rekan-rekannya sebanjar, di depan Pura Desa Adat Kuta, Badung, Selasa (8/3/2016).

Selain menggelar tarian dan ogoh-ogoh, 13 banjar di Desa Adat Kuta juga menyajikan cerita yang sesuai dengan tema ogoh-ogoh dengan bahasa Bali halus.

Meski ada yang tidak mengerti cerita atau bahasanya, nampak ribuan warga dan wisatawan memadati pertigaan Pasar Desa Adat Kuta.

Dengan menggunakan ponsel genggamnya, kamera dan handycam mereka merekam dan mengabadikan momen pertunjukan tarian ogoh-ogoh dan tarian tradisional Bali. (*)

Penulis: Manik Priyo Prabowo
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved