La Nyalla Mattalitti Resmi Sandang Status Tersangka

Penetapan status tersangka itu dilakukan oleh penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Rabu (16/3/2016).

La Nyalla Mattalitti  Resmi Sandang Status Tersangka
TRIBUNNEWS
La Nyalla Mahmud Mattalitto

TRIBUN-BALI.COM - Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi di tubuh Kamar Dagang Industri (KADIN) Jawa Timur.

Penetapan status tersangka itu dilakukan oleh penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Rabu (16/3/2016).

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur pada 10 Maret 2016 kembali menerbitkan Surat Perintah Penyidikan (umum) No. Print 256/0.5/Fd.1/03/2016 tanggal 10 Maret 2016 perihal penyidikan perkara tindak pidana korupsi penggunaan dana hibah pada KADIN Provinsi Jawa Timur tahun 2016 untuk pembelian saham initial public offering (IPO) Bank Jatim.

Setelah terkumpul lebih dari 2 alat bukti yang cukup selanjutnya diterbitkan Surat Penetapan Tersangka No.KEP-11/0.5/Fd.1/03/2016 tanggal 16 Maret 2016 pada H. Ir. La Nyala Mattalitti.

Sebelumnya, Kejati Jatim telah mengeluarkan sprindik umum, namun dimentahkan oleh kuasa hukum La Nyalla pada gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya.

"Sprindik yang lama itu bersifat umum, sprindik yang terbaru sudah menyebutkan inisial tersangka, LN," ujar Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim, I Made Suarnawan, Rabu (16/3/2016).

Kasus dana hibah yang merugikan negara sebesar Rp 48 miliar itu sebenarnya sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) dan dua pengurus Kadin Jatim sudah divonis di Pengadilan Tipikor.

Namun, Kejati Jatim mengembangkan kasus tersebut karena menemukan fakta bahwa dana tersebut digunakan untuk membeli saham publik di Bank Jatim sebesar Rp 5,3 miliar.(Reynas Abdila)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved