BPOM Temukan Ikan Teri Berformalin Di Pasar Kediri, Tabanan

Ikan teri yang dijualnya didatangkan dari luar Bali yakni pulau Jawa.

BPOM Temukan Ikan Teri Berformalin Di Pasar Kediri, Tabanan
Tribun Bali / I Made Argawa
Proses pengujian contoh makanan yang diambil dari Pasar Kediri, Tabanan oleh BPOM Provinsi Bali, Jumat (17/3/2016). Dari pengujian tersebut didapati beberapa sampel makanan mengandung pewarna teksil hingga formalin. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bali melakukan pengujian rutin bahan pangan di Pasar Kediri, Tabanan, Bali.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.30 Wita itu menyasar sejumlah pedagang di Pasar Kediri.

Dari puluhan sampel makanan yang diambil didapati beberapa jenis makanan yang mengandung bahan pengawet seperti formalin hingga pewarna tekstil yakni Rhodamin B.

Staf BPOM Provinsi Bali Ni Wayan Ayu Sukarmi mengatakan, beberapa sample makanan yang diambil memang mengandung bahan-bahan pewarna berbahaya hingga formalin.

Dia menyebutkan tes itu dilakukan untuk melindungi konsumen serta memberitahukan kepada penjual bahwa bahan yang dijual tidak layak untuk konsumsi.

"Kami juga berikan pemahaman kepada penjual, bahwa bahan yang dijual tidak layak untuk konsumsi, " katanya, (17/3/2016).

Untuk hasil pengujian makanan, didapati bahan makan jenis ikan teri mengandung formalin, Sukarmi menjelaskan dari lima sampel makan yang diuji tes formalin, hanya satu yang positif.

"Dari lima sampel yang kami uji hanya satu yang positif yaitu ikan teri," jelasnya.

Selain itu, pengujian lain yang dilakukan adalah untuk rhodamin B (pewana teksil) diambil 13 sampel  positif enam yakni, pada jajan sirat merah, jajan sagon, jajan begina dan jajan matahari.

Tes borak, diambil lima sampel positif tiga yakni,  kerupuk beras, kerupuk tempe, dan pengembang makanan cap jago.

Halaman
12
Penulis: I Made Argawa
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved