Begini Lho Strategi Bisnis Berbasis ICT

Televisi membutuhkan waktu 15 tahun untuk menjangkau 60 juta pelanggan, radio butuh waktu 30 tahun, sedangkan internet hanya butuh dalam hitungan jam.

Begini Lho Strategi Bisnis Berbasis ICT
istimewa
Dari kanan: I Made Sarjana, I MadeMarlowe Bandem, Alit Wiraputra, dan Dadang Hermawan dalam acara Seminar Startegi Bisnis Berbasis ICT di Balai Budaya Gianyar, Bali, Selasa (12/4/2016). 

TRIBUN-BALI.com, GIANYAR - Dalam rangka meningkatkan daya saing masyarakat kabupaten Gianyar, terutama untuk menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), STIKOM Bali bekerjasama dengan Kadin Bali menggelar seminar Strategi Bisnis Berbasis ICT, di Balai Budaya Gianyar, Bali, Selasa (12/4/2016).

Seminar yang diikuti para guru dan pelajar SMA/SMK ini menghadirkan empat narasumber. Yakni Dr Dadang Hermawan (Ketua STIKOM Bali) yang membawakan materi strategi sukses mengembangkan bisnis dan karir memanfaatkan ICT, Ketua Kadin Bali Anak Agung Alit Wiraputra membawakan materi strategi menjadi SDM Bali yang unggul dan pelaku bisnis unggul dalam persaingan global.

Selanjutnya Ketua Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) Daerah Bali I Made Sarjana SE MM mengupas langkah strategis menghadapi derasnya arus persaingan di era MEA, serta I Made Marlowe Bandem (Wakil Ketua Yayasan Widya Dharma Santhi-yang menanungi STIKOM Bali) membahas peranan kepemimpinan dalam mengembangkan bisnis di percaturan pasar global.

Dadang Hermawan memaparkan, peranan information and communication technology (ICT) di dunia bisnis tak perlu diragukan lagi.

Dia memberi contoh dahsyatnya perana ICT untuk mempromosikan sebuah produk dengan jangkauan 60 juta pelanggan merujuk pada hasil penelitian.

“Televisi membutuhkan waktu 15 tahun untuk menjangkau 60 juta pelanggan, radio butuh waktu 30 tahun, sedangkan internet hanya butuh waktu dalam hitungan jam,” kata Dadang.

Selain itu, dari daftar 10 orang terkaya di dunia, empat orang di antaranya adalah pengusata ICT.

Yakni Bill Gates (Microsoft) menempati urutan pertama dengan kekayaan 76 miliar dolar AS, Larry Ellison (Oracle) dengan kekayaan 47,5 miliar dolar AS, Jeff Bezos (Amazon.com) dengan kekayaan 47 miliar dolar AS, dan Mark Zuckerberg (Facebook) dengan kekayaan 40,3 miliar dolar AS.

Di Indonesia, orang terkaya nomor tiga, Chairul Tanjung memanfaatkan ICT untuk mengembangkan usahanya.

“Nah dari sekarang para guru harus mengubah mindset para siswa yang semula bercita-cita menjadi PNS agar beralih menjadi pengusaha,” harapnya.

Halaman
123
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved