Ini Dia Kasat Narkoba yang Ditangkap BNN

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Pelabuhan Belawan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ichwan Lubis sudah ditetapkan tersangka

Ini Dia Kasat Narkoba yang Ditangkap BNN
ist via tribun medan
AKP Ichwan Lubis, Kasat Narkoba Polres Belawan 

TRIBUN-BALI.COM - Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Pelabuhan Belawan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ichwan Lubis sudah ditetapkan tersangka kasus tindak pidana pencucian uang hasil narkoba oleh penyidik Badan Narkotika Nasional (BNN).

Kepala Bagian Humas BNN Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Slamet Pribadi membenarkan, AKP Ichwan Lubis ditetapkan sebagai tersangka lantaran menerima uang hasil bisnis narkotika dari Togiman alias Toni, bandar besar yang ditangkap beberapa pekan lalu di Lapas Lubukpakam.

“Benar informasi itu, kami sudah tetapkan AKP IL sebagai tersangka kasus pencucian uang narkoba. Dia sudah jadi tersangka. Jadi memang ini ada kaitan dengan penangkapan narkoba yang dipaparkan di Medan beberapa pekan lalu, sabu-sabu sebesar 20 kilo itu. Dia menerima duit dari bisnis narkotika,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (22/4/2014).

Selain itu, kata dia, saat personel BNN melakukan pengeledahan di kediamannya, ditemukan uang Rp 2,3 miliar.

Karena itu, penyidik sedang memeriksa aliran dana uang yang diterima AKP Ichwan Lubis dan penerima uang dari Ichwan Lubis juga akan diperiksa oleh penyidik.

“Ya, belum tahu apakah Kapolres Belawan dan bawahan IL juga akan diperiksa juga. Yang jelas kami akan memeriksa semua pihak yang berkaitan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan tersangka AKP IL. Pengirim uang ke AKP IL dan penerima uang dari AKP IL juga kami periksa ke depannya,” katanya.

Tatkala ditanya apakah Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Edy Suwondono akan menjalani pemeriksaan? ia tidak menjawab pasti.

Namun, dia menyebutkan penyidik masih mendalami kasus pencucian uang dan sedang dalam penelitian.

“Siapa-siapa oknum yang terlibat masih dalam penelitian, semua orang yang berada di seputaran posisi AKP IL baik pasif maupun aktif akan menjadi bagian dari pemeriksaan. Aktif adalah pengirim dan pasif adalah menerima uang dari IL,” ujarnya

Pencucian uang hasil narkotika yang dilakukan AKP Ichwan Lubis, kata dia, dikendalikan oleh bandar narkoba Togiman alias Toni, jaringan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lubukpakam, Deliserdang yang sudah ditangkap BNN.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved