Nilai UN Tak Menentukan Kelulusan, Kok Banyak yang Nyontek? Gubernur Bali Terheran-heran

Harus dimulai dari pembinaan untuk mengarah pada perubahan karakter atau yang kini disebut revolusi mental disertai pembentukan sistem.

Nilai UN Tak Menentukan Kelulusan, Kok Banyak yang Nyontek? Gubernur Bali Terheran-heran
Tribun Bali/Cisilia Agustina S
Upacara bendera dipimpin oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Senin (2/5/2016). 

TRIBUN-BALI.com, DENPASAR - Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016, Senin (2/5/2016), Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menyampaikan pentingnya pembentukan karakter para pelajar bukan hanya diterapkan untuk masa kini, tapi menjadi bekal untuk masa depan.

Terutama integritas yang terus digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Berkaca pada temuan pelanggaran Ujian Nasional 2016 di tingkat SMA/SMK yang lalu, Pastika menyampaikan untuk menjadikan hal tersebut pelajaran dan jangan sampai terulang lagi, khususnya pada UN SMP yang akan dilangsungkan Senin (9/5/2016).

“Jadikan ini pelajaran. Sebenarnya sebelumnya sudah diberi tahu, UN ini kan bukan penentu kelulusan, tapi kok masih ada seperti itu? Ini yang saya sebut perubahan karakter,” ujar Pastika, ditemui seusai Upacara Bendera di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali.

Ia menambahkan, untuk pembentukan karakter berintegritas ini memang tidaklah instan.

Harus dimulai dari pembinaan untuk mengarah pada perubahan karakter atau yang kini disebut revolusi mental disertai pembentukan sistem untuk menunjang integritas ini.

“Integritas tidak bisa tiba-tiba, mulai dari perubahan karakter dan pembentukan sistem. Sistemnya dibuat agar orang mudah berbuat kebaikan dan mempersulit untuk berbuat sesuatu yang kurang baik,” ujarnya. (*)

Penulis: Cisilia Agustina. S
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved