Bagaimana Nasib Terpidana Mati Balian Cetik Wayan Suaka yang Menunggu Eksekusi?

Saat ini Kejati Bali tengah melakukan inventarisir terhadap para terpidana mati terkait dengan rencana ekskusi gelombang ketiga di Nusa Kambangan

Bagaimana Nasib Terpidana Mati Balian Cetik Wayan Suaka yang Menunggu Eksekusi?
Tribun Jogja
Ilustrasi eksekusi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Terpidana mati Wayan Suaka alias Keteg dipastikan tidak lagi melakukan upaya hukum sehingga tinggal menunggu eksekusi.

Namun pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali belum mengetahui bagaimana nasib si balian cetik tersebut, apakah masuk eksekusi mati gelombang ketiga atau tidak.

Saat ini Kejati Bali tengah melakukan inventarisir terhadap para terpidana mati terkait dengan rencana ekskusi gelombang ketiga di Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Inventarisir ini untuk memastikan tidak ada lagi terpidana mati yang melakukan upaya hukum lanjutan seperti mengajukan kasasi atau peninjauan kembali (PK).

Kasipenkum dan Humas Kejati Bali, Ashari Kurniawan, menjelaskan inventarisir terpidana mati ini berdasarkan surat edaran (SE) dari Kejaksaan Agung.

Namun dirinya tidak bisa memastikan karena hingga kini belum ada petunjuk teknis dari Kejaksaan Agung.

"Ini masalah nyawa, jadi harus dipastikan semuanya. Jangan sampai masih melakukan upaya hukum tapi dieksekusi. Itulah mengapa kami melakukan inventarisir terpidana mati," jelasnya saat dihubungi Senin (16/5/2016).

Berdasarkan inventarisir tersebut, ada satu terpidana mati yang diketahui tidak lagi melakukan upaya hukum yaitu Wayan Suaka alias Keteg.

"Jadi, yang sudah pasti tidak ada upaya hukum baru Suaka. Tapi, kami belum tahu apakah dia masuk dieksekusi atau tidak," ujar , Senin (16/5/2016).

Suaka dipidana mati karena membunuh polisi sekeluarga di Karangasem tahun 2008.

Halaman
123
Penulis: Putu Candra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved