Pesta Kesenian Bali

Berbagai Tabuh Hasil Rekonstruksi Ditampilkan di PKB

Tabuh-tabuh ini kemudian mendapat sentuhan-sentuhan kreatif atau pepayasan dari para seniman muda akan tetapi tidak menghilangkan originalitasnya.

Berbagai Tabuh Hasil Rekonstruksi Ditampilkan di PKB
Humas Pemprov Bali
Seorang penari salah satu tabuh hasil rekonstruksi yang ditampilkan di acara PKB ke-38 di Art Centre, Denpasar, Bali, Kamis (23/6/2016). 

TRIBUN-BALI.com, DENPASAR - Pesta kesenian Bali (PKB) dimeriahkan oleh pergelaran kesenian hasil rekontruksi yaitu tabuh-tabuh tradisional yang diciptakan oleh para maestro Tabuh di Bali pada zaman dulu.

Tabuh-tabuh ini kemudian mendapat sentuhan-sentuhan kreatif atau pepayasan dari para seniman muda akan tetapi tidak menghilangkan originalitas dari tabuh itu sendiri, sehingga menjadikan tabuh tersebut menjadi terdengar lebih dinamis.

Sanggar Ling Kawi Desa Patemon Kecamatan Seririt, Tabanan, Bali, yang memiliki menampilkan beberapa tabuh, yang didukung oleh Sanggar Seni Shanti dengan tarian yang memukau penonton di Kalangan Angsoka, Art Centre, Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali, Kamis (23/6/2016).

Tabuh-tabuh dan tarian yang ditampilkan antara lain:

1. Tabuh Lalonggoran

Tabu lalonggoran adalah tabuh yang biasa dipakai dalam sebuah upacara yadnya oleh masyarakat Buleleng. Tabuh ini ada hamper di setiap desa di Buleleng akan tetapi memiliki ciri khas yang sedikit berbeda dri desa satu dengan yang lainnya.

Tabuh ini terekontruksi di Desa Banyuning dari seorang seniman Kerawitan Guru Suara Pik (almarhum).

2. Tari Truna Jaya

Tari Truna Jaya adalah sebuah tari legendaris dari Buleleng yang pertama kali diperkenalkan lewat tari Kebyar Legong yang diciptakan oleh I Wayan Peraupan.

Tari Truna Jaya yang ditampilkan kali ini adalah hasil rekontruksi dari seniman besar Buleleng yaitu perpaduan tari Ibu Luh Menek dari Tejakula dengan iringan kerawiran dari bapak Made Kencana dari Jagaraga.

Halaman
12
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved