Breaking News:

Made Santha Pusing Kejar Target PAD Akhirnya Pilih Naikkan Tarif Foto Prewedding

Satu diantaranya yakni revisi tentang besaran tarif foto prawedding party di monumen perjuangan Bajra Sandhi dan Art Centre.

Penulis: A.A. Gde Putu Wahyura | Editor: Eviera Paramita Sandi
Tribun Bali/Ni Ketut Sudiani
Sepasang warga Jepang prewedding di Bajra Sandi, Renon, Denpasar, Bali 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Bali, Made Santha pusing dan tidak bisa tidur karena lemahnya mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Maka dari itu, satu diantara caranya yakni merevisi UU No 3 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha. 

Dijelaskannya bahwa revisi perda 3 tahun 2011 tentang retribusi ijin usaha yakni karena ada potensi peningkatan pendapatan dari retribusi. 

"Ini yang kita garap, karena retribusi ijin usaha melihat ada potensi yang bisa kita kerjakan. Maka dari itu evaluasi mengenai besaran tarif, untuk mengikuti sesuai perkembangan perekonomian," jelasnya selepas sidang Paripurna di kantor DPRD Bali, Denpasar, Rabu (20/7/2016).

Dari perubahan objek retribusi baru itu, dijelaskannya ada 115 objek baru yang akan direvisi.

Satu diantaranya yakni revisi tentang besaran tarif foto prawedding party di monumen perjuangan Bajra Sandhi dan Art Centre.

"Satu diantara contoh misalnya wedding, wedding untuk orang asing dahulunya Rp 300.000 sekarang Rp 1.000.000. Kalau lokal Rp 500.000," jelasnya.

Dikatakannya pada saat menyusun rancangan ini pihaknha sudah mengundang stakeholders, terkait seperti wedding organizer.

Dijelaskannya mereka pada prinsipnya setuju dengan tarif baru ini.

"Tarif yang kita akan lakukan sudah ideal, misalnya orang asing kan cuma bayar  100 US Dolar, dengan mendapatkan keindahan Bali. Okelah kita birokrat yang entreprenuer, tetapi nanti jangan tarif doang yang dinaikkan. Sama seperti warung be Sanur naik RP 1.000 servicenya juga dinaikkin," jelas Santha. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved