Ini Tiga Poin Ukuran Keberhasilan 'Bela Negara'

Bela Negara memiliki artian juga mengembangkan wawasan tentang Nusantara, seperti yang dilakukan Kodam IX Udayana terhadap tiga Ormas di Bali ini.

Ini Tiga Poin Ukuran Keberhasilan 'Bela Negara'
Tribun Bali/I Made Ardhiangga
Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Dhamantra (kiri) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Konsep Bela Negara sempat menjadi perbincangan hangat karena belum sepenuhnya dipahami masyarakat.

Pendek kata, Bela Negara diidentikkan dengan mengangkat senjata untuk menjaga bangsa dan negaranya.

Padahal, Bela Negara memiliki artian juga mengembangkan wawasan tentang Nusantara, seperti yang dilakukan Kodam IX Udayana terhadap tiga Ormas di Bali ini.

Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Dhamantra menyebut, dalam artian apapun, sejatinya ada tiga poin yang bisa menjadi ukuran keberhasilan dalam 'Bela Negara', yaitu menyangkut Infrastruktur, suprastruktur dan struktur.

Infrastruktur, menurut Dhamantra, contoh sederhananya ialah menyangkut bagaimana menghadirkan pendidikan yang berdaya saing.

Sehingga, negara tidak dapat mengajak rakyat jika memang tidak membahas soal pendidikan, yang beriringan dengan kesejahteraan rakyat. 

"Memang benar pemerintah telah menghadirkan berbagai macam universitas. Tapi apakah sudah berdaya saing?. ‎Dan bahwa sesungguhnya proses marginalisasi atau peminggiran masyarakat yang ada di Bali itu dikarenakan persoalan pendidikan yang tidak berdaya saing," ucapnya, Jumat (29/7/2016) dalam seminar Bela Negara di Nikki Hotel.

Selanjutnya, sambung dia menyoal suprastruktur ialah berbicara pemimpin.

Pemimpin ialah yang mampu membuktikan pada rakyatnya tentang ketauladanan, seperti misalnya pemimpin ‎yang mampu membuktikan pada rakyatnya tidak melakukan korupsi.

"Karena pemimpin yang tidak korupsi, akan dapat memerintahkan kepada rakyatnya jika dirinya tidak korupsi, maka rakyat atau bawahannya juga tidak boleh melakukan hal itu," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved