Pengalaman Mistis Petugas Pemandi Jenazah Terpidana Mati, Meninggal di Malam Jumat Kliwon Hari Baik

Kendar menyebut kawasan dermaga dan Pulau Nusakambangan memang dikenal angker.

Pengalaman Mistis Petugas Pemandi Jenazah Terpidana Mati, Meninggal di Malam Jumat Kliwon Hari Baik
Bangka Pos
Sebanyak 17 unit mobil ambulance datang ke Pelabuhan Wijaya Pura, Cilacap, yang menjadi akses ke Pulau Nusakambangan, Rabu (28/07/2016) pagi. 

TRIBUN-BALI.COM - Empat orang terpidana mati sudah dieksekusi pada Kamis Pon malam atau Jumat (29/7/2016) Kliwon dinihari.

Suhendro Putro (62), koordinator petugas memandikan jenazah terpidana yang beragama Kristen dan Katolik menyatakan dirinya bertugas memandikan 10 jenazah  dari total 14 terpidana yang dieksekusi mati pada eksekusi mati tahap III ini.

Mereka adalah tujuh terpidana beragama Kristen dan tiga terpidana beragama Katolik.

"Yang memandikan jenazah dari Kristen 11 orang dan Katolik ada enam orang," ungkap jemaat Gereja Kristen Jawa (GKJ) Cilacap tersebut.

Suhendro menceritakan waktu untuk memandikan satu jenazah  sekitar 60 menit.

“Proses memandikan jenazah itu panjang. Setelah (terpidana) ditembak, harus dipastikan dulu sudah meninggal atau belum lalu dijahit lukanya, dimandikan, dipakaikan baju," terangnya.

Suhendro bukan kali pertama memandikan jenazah terpidana mati. Pada eksekusi tahap pertama, Suhendro memandikan lima jenazah terpidana dan pada eksekusi mati tahap kedua memandikan tujuh jenazah.

"Grogi sih tidak, tapi memang ini tidak ringan. Saya memandikan jenazah sudah sejak tahun 1992," terangnya.

Pada eksekusi mati tahap pertama dan kedua, Suhendro bahkan menyediakan perlengkapan kematian untuk jenazah terpidana mati. Di antaranya peti, salib, dan lainnya.

"Tetapi untuk eksekusi tahap ketiga kali ini saya tidak diminta menyediakan perlengkapan kematian. Semua perlengkapan kematian jenazah terpidana sudah disediakan pihak kejaksaan dan kepolisian," ungkapnya.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved