Breaking News:

Bali Paradise

Ini yang Diincar Wisatawan,Berjumpa Ikan Langka di Mola-mola Session Nusa Penida

Wisatawan dari seluruh penjuru dunia sudah mengenal, jika Juli sampai Agustus adalah mola-mola session. Musim inilah yang diincar wisatawan hingga

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Tribun Bali/Prima/KKP Nusa Penida
Ikan mola-mola 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Matahari mulai meninggi di Perairan Nusa Penida, Klungkung, Bali, Senin (1/8/2016).

Di bawah teriknya sinar matahari, puluhan wisatawan berbaur untuk menikmati keindahan bawah laut Nusa Penida.

(Perhatikan Ini Agar Selamat dan Aman Berjumpa Ikan Langka Mola-mola di Nusa Penida)

Senyum langsung terpancar di wajah para wisatawan, sesaat setelah membasahkan diri mereka di air laut yang biru nan jernih.

Memasuki bulan Agustus atau yang dikenal dengan istilah 'mola-mola session', merupakan waktu yang ditungu-tunggu wisatawan dari seluruh penjuru dunia untuk melakukan diving di perairan Nusa Penida.

Mereka mengadu keberuntungan untuk dapat berenang bersama ikan purba yang juga menjadi ikon Nusa Penida, yakni ikan mola-mola atau sunfish (rountailed mola).

Ikan berukuran raksasa yang sudah sangat langka ini hanya bisa ditemui di Nusa Penida antara akhir bulan Juli hingga Agustus setiap tahunnya.

Ikan mola-mola yang ciri khasnya tidak memiliki ekor ini, dapat tumbuh hingga lebar 3,1 meter dan berat mencapai 2,25 ton.

Ikan ini hanya dapat dijumpai di perairan hangat seperti laut Nusa Penida dan sedikit tempat di Benua Australia.

"Memasuki bulan Agustus ini, lonjakan wisatawan untuk melakukan diving di Perairan Nusa Penida mengalami peningkatkan signifikan. Biasanya saya mengantar 10 orang wisatawan, sekarang bisa naik drastis hingga 20 orang dalam sekali keberangkatan. Itu pun belum keberangkatan yang berbeda," ujar I Wayan Bagiasa, pemandu lokal Nusa Penida yang juga dikenal sebagai divemaster.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved