Breaking News:

Pilkada Buleleng

SURYA Batal Daftar Calon Independen ke KPU Kemarin, Ini Alasannya!

Mereka dikawal ketat 50 personel polisi dari Polres Buleleng bersenjata larang panjang.

Tribun Bali/Lugas Wicaksono
Dua orang perwakilan dari Sahabat Sukrawan, I Gede Agus Tanaya Somandana (tengah) dan Ketut Budiana (kanan) bertemu Ketua Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Gede Suardana di Kantor KPU Buleleng, Selasa (9/8/2016). 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Dua orang perwakilan dari Sahabat Sukrawan, I Gede Agus Tanaya Somandana dan Ketut Budiana mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Bali, Selasa (9/8/2016).

Mereka dikawal ketat 50 personel polisi dari Polres Buleleng bersenjata larang panjang.

Agus mengatakan, kedatang mereka berdua untuk menyampaikan permakluman dari tim calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng, Dewa Nyoman Sukrawan-Gede Dharma Wijaya atau SURYA karena batal mendaftar ke KPU.

 Batalnya paket SURYA untu mendaftar ini karena ada kendala teknis pada sistem Informasi Teknologi (IT) terkait pengumpulan berkas soft copy.

“Ada masalah koneksi di IT, kalau lebih jelasnya tim IT kami yang lebih tahu, semua sudah siap, cuma bermasalah koneksinya saat pengiriman data ke KPU,” ujarnya.

Ia menjamin permasalahan teknis tersebut sudah dapat teratasi sampai maksmimal Rabu (10/8/2016) yang merupakan batas akhir pendaftaran calon perseorangan.

Sehingga semua berkas baik soft copy maupuan hard copy sudah dapat terkumpul sebelum batas akhir pendaftaran.

“Besok sudah pasti bisa. Yang jelas tim IT sudah berusaha semaksimal mungkin, mudah-mudahan secepatnya segera bisa teratasi,” katanya.

Agus yang merupakan koordinator Sahabat Sukrawan menegaskan, semua berkas sudah disiapkan timnya.

Meskipun ia tidak bersedia menyebutkan berapa jumlah KTP sebagai satu syarat dukungan yang telah terkumpul.

Dipastikan pula Sukrawan dan Dharmawijaya yang akan langsung mendaftar ke KPU.

“Untuk KTP yang terkumpul ada di tim IT, besok saja lihat. Tapi yang jelas sudah memenuhi syarat kalau kami sudah mendaftar ke sini. Beliau masih ada kesibukan lain di luar. Rencana besok (hari ini) ke sini. Sekali lagi kami mohon maaf sebesar-besarnya,” tuturnya.

Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana mengatakan, pendaftaran calon perseorangan akan ditutup pada hari ini pukul 16.00 Wita.

“Sekarang tinggal kerja keras dari tim untuk upload syarat pencalonan ke sistem data KPU,” ucapnya.

“Prosesnya untuk calon perseorangan harus memenuhi data hard copy berupa formulir data dukungan dari masyarakat, data soft copy di mana data hardcopy di buat soft copy dalam format excel yang diunduh di website KPU. Format excel di-upload di dalam sistem informasi pencalonan, masing-masing tim sudah kita berikan username dan password untuk bisa mengupload dalam format excel ke dalam sistem informasi pencalonan,” jelasnya.

Ia memperkirakan kendala teknis yang sedang dihadapi Sahabat Sukrawan karena banyaknya calon perseorangan dari berbagai daerah yang mendaftar secara bersamaan.

“Kan ada 101 daerah yang ikut pilkada serentak ini. Kalau uploadnya secara kebetulan bersamaan bisa saja terjadi koneksi trouble,” katanya.

Namun ia enggan memastikan jika sampai batas akhir penyerahan syarat dukungan belum lengkap akan dinyatakan gugur.

“Kita lihat saja besok (hari ini),” ucapnya singkat. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved