Sandera Kelompok Abu Sayyaf Ini Kabur, Tak Pengaruhi 9 Sandera Tersisa

Terkait adanya ancaman pemenggalan terhadap para ABK oleh kelompok penyandera, menurut Kalla itu adalah suatu bentuk daya tawar dari pelaku penyandera

Sandera Kelompok Abu Sayyaf Ini Kabur, Tak Pengaruhi 9 Sandera Tersisa
borneopost
WNI yang berhasil kabur dari penyanderaan Abu Sayyaf, yakni M. Sofyan, sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter militer Filipina kemarin. Selain Sofyan, satu lagi sandera WNI berhasil kabur, yaitu Ismail. Setelah pemeriksaan kesehatan mereka tuntas, tim KBRI di Manila akan menjemput mereka di Filipina selatan hari ini. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA -Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut pemerintah terus berupaya membebaskan seluruh sandera yang ditawan kelompok bersenjata di Filipina.

Saat ini, tersisa sembilan orang yang masih disandera.

"Tentu tetap diusahkan. Kita minta Filipina berusaha dengan baik, karena sama apabila ada masalah di Indonesia tentu yang berupaya Indonesia juga, karena itu kita tidak mungkin intervensi," kata Kalla di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Terkait adanya ancaman pemenggalan terhadap para ABK oleh kelompok penyandera, menurut Kalla itu adalah suatu bentuk daya tawar dari pelaku penyanderaan.

"Kan selalu begitu saja,  penyandera selalu mengancam. Di mana pun di dunia ini selalu begitu," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan kedua warga negara Indonesia yang berhasil melarikan diri dari penyandera kelompok Abu Sayyaf dalam keadaan sehat walafiat.

Menteri Retno mengaku telah melaporkan lolosnya dua WNI dari kelompok Abu Sayyaf.

"Keadaannya sehat. Dalam kondisi sehat," ujar Retno.

Menurutnya, usai bertemu Presiden Jokowi, arahan yang diberikan masih sama, yakni keselamatan para sandera merupakan yang utama.

Kini, tim KBRI di Manila telah menjemput dua WNI itu untuk proses pemulangan ke tanah air setelah selesai melaksanakan tes kesehatan di sana.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved