Tak Terpengaruh Kenaikan Harga Rokok, Kasta Pilih Ngemil Tembakau

Menurut dia, semahal apapun harga rokok bisa tak berpengaruh terhadap jumlah konsumsi rokok jika si perokok sendiri tidak punya tekad untuk stop

Tak Terpengaruh Kenaikan Harga Rokok, Kasta Pilih Ngemil Tembakau
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA – Usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50.000 per bungkus tak akan banyak mempengaruhi hasrat para perokok untuk mengurangi konsumsi tembakau.

Kendati harga rokok melonjak drastis, mereka akan tetap membeli rokok sepanjang masih mampu membeli.

Bahkan, ada juga yang menempuh cara lain dalam mengkonsumsi tembakau, yakni dengan ngemil tembakau serta melinting sendiri tembakau dengan daun jagung kering untuk dijadikan rokok.

"Seberapapun harga rokok naik, itu tidak berpengaruh bagi saya. Saya sendiri lebih memilih ngemil tembakau, dan mulai mengurangi kebiasaan merokok,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Klungkung, I Made Kasta, saat dimintai tanggapannya tentang usulan menaikkan harga rokok secara tajam, Senin (22/8/2016).

Made Kasta mengatakan, sejak dirinya ngemil tembakau dalam 2 tahun terakhir ini, konsumsi rokoknya pun berkurang.

Sebelumnya, Kasta dikenal sebagai perokok berat.

Menurut dia, semahal apapun harga rokok bisa tak berpengaruh terhadap jumlah konsumsi rokok jika si perokok sendiri tidak punya tekad untuk stop merokok.

“Apakah dijamin setelah harga rokok naik drastis, masyarakat bisa benar-benar mengurangi kebiasaan merokok? Menurut saya, berhenti merokok itu harus dimulai dengan tekad dari diri sendiri. Kalau tekad tidak kuat, seberapapun harga rokok, pasti akan berusaha dibeli," ucap Kasta sembari tertawa.

Disebutkan Kasta, dalam masyarakat Indonesia, mengkonsumsi tembakau tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan yang sudah turun temurun.

Bahkan, ngemil tembakau sudah merupakan budaya masyarakat. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved