Pemkab Klungkung dan Penglingsir Puri Bahas Masa Depan Kerta Gosa

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta tidak menampik selama ini pengelolaan Objek Wisata Kerta Gosa belum maksimal dan banyak menuai permasalahan.

Pemkab Klungkung dan Penglingsir Puri Bahas Masa Depan Kerta Gosa
istimewa
Pemda Klungkung dan Pihak Puri Klungkung mengadakan rapat khusus di Ruang Rapat Bupati Klungkung terkait pengelolaan Kerta Gosa, Rabu (31/8/2016). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Objek Wisata Kerta Gosa yang terletak di jantung Kota Semarapura selama ini terkenal menjadi objek wisata andalan Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali.

Pemkab pun telah memasukkan objek wisata peninggalan Kerajaan Klungkung ini ke paket city tour Kota Semarapura.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta tidak menampik selama ini pengelolaan Objek Wisata Kerta Gosa belum maksimal dan banyak menuai permasalahan.

Terkait hal tersebut, Bupati Klungkung yang didampingi Wakil Bupati Made Kasta, Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan dari kalangan penglingsir puri serta tim Cagar Budaya melakukan rapat khusus terkait pengelolaan Kerta Gosa di ruang rapat Bupati Klungkung, Rabu (31/8).

Dalam rapat tersebut, secara sah disampaikan oleh Bupati Klungkung bahwa kepemilikan Kerta Gosa menjadi hak milik Puri, meskipun selama ini pengelolaannya dilakukan oleh Pemkab Klungkung.

"Ke depan Pemkab Klungkung akan berupaya menyerahkan pengelolaan Kerta Gosa ke badan pengelola dan bukan kepada Pemkab lagi, namun tetap masih dalam pengawasan Pemkab Klungkung," jelas Bupati Suwirta.

Dalam pengelolaan objek wisata Kerta Gosa ke depannya, Bupati Suwirta mengaku akan terus belajar dari pengalaman yang sudah pernah dilakukan oleh Pemkab lain.

Bupati Suwirta juga akan terus mencoba menerapkan pengelolaan melalui badan pengelola, dan tetap dengan seizin pihak puri.

Pihak puri dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Pemkab Klungkung kerena selama ini telah berusaha mengembangkan dan mengelola Objek wisata Kerta Gosa, meskipun secara faktual diketahui bahwa Kerta Gosa merupakan milik puri.

Seiring dengan hasil pertemuan yang sudah disepakati oleh pihak puri, disampaikan bahwa pengelolaan Kerta Gosa nantinya diserahkan sepenuhnya ke pihak pemerintah.

Melalui niat baik pemerintah terkait pengelolaan aset cagar budaya yang ada di Kabupaten Klungkung, penglingsir puri meminta agar pemerintah tetap saling berkoordinasi.

"Nanti Pemerintah Klungkung bisa memaparkan kembali apa dan bagaimana model dari MoU yang sudah dilakukan oleh pemerintah kabupaten lain untuk mengelola aset cagar budayanya, sehingga ke depan tidak menimbulkan permasalahan lagi," kata Penglingsir Puri, Ida Dalem Semaraputra. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved