Monitor Tingkah Laku Anak Setiap Saat Tapi Jangan Sampai Tertekan, Bagaimana Caranya?

Kekerasan dan pencabulan pada anak di bawah umur yang kini mulai banyak terungkap, membuat para orangtua lebih aktif dalam bertindak.

Monitor Tingkah Laku Anak Setiap Saat Tapi Jangan Sampai Tertekan, Bagaimana Caranya?
Istimewa
Ilustrasi anak sehat 

TRIBUN-BALI.COM - Peran orangtua dalam mengatasi tingkah laku anak sangatlah penting, terlebih dalam pergaulan sehari-hari.

Bila tidak, anak akan terjerumus ke dalam jalan yang salah.

Kekerasan dan pencabulan pada anak di bawah umur yang kini mulai banyak terungkap, membuat para orangtua lebih aktif dalam bertindak.

Elok Suryana, seorang ibu dua anak di Surabaya, mengatakan, dalam memonitoring aktifitas anak sudah seharusnya dilakukan setiap hari.

Namun, pilihnya cara yang berbeda sehingga anak tidak akan merasa tertekan.

Dengan begitu, peran orangtua tegas tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi anak.

Orangtua yang bisa menjadi sahabat bagi anak, akan lebih mudah mengawasi keseharian anak.

"Anak itu punya sifat yang berbeda, maka sudah seharusnya orangtua juga memperlakukan anak dengan cara yang berbeda," katanya.

Elok mencontohkan, antara anak pertama dengan anak kedua pasti mempunyai karakter yang berbeda sehingga orangtua jangan menyamaratakan dalam memperlakukan keduanya.

"Bila dari situ saja orangtua bisa membedakan, anak tidak akan tertekan. Sebab, bila dari lingkungan terdekat saja anak sudah tidak nyaman maka dia akan mencari pelampiasan dengan cara, mencari hal baru yang tidak biasa seperti melihat video atau konten pornografi," jelas perempuan 38 tahun ini.

Masih kata Elok, anak bisa dicegah untuk tidak berbuat cabul sejak dini bila orangtua turut bisa berperan lebih aktif tanpa melakukan penekan.

"Intinya, peran orangtua itu penting. Yang terlebih adalah komunikasi. Bila komunikasi terjalin bagus, anak akan lebih nyaman tanpa ada rasa tekanan," jelas dia. (*)

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved