Jangan Biarkan Anak Pura-Pura Tidak Dengar Ucapan Orangtua, Ini Triknya

Anda bahkan harus mengulang permintaan atau pertanyaan padanya hingga lebih dari tiga kali.

Jangan Biarkan Anak Pura-Pura Tidak Dengar Ucapan Orangtua, Ini Triknya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM – Taktik pura-pura tidak mendengarkan orangtua sering terjadi ketika Anda meminta si kecil melakukan hal yang tidak dia suka.

Anda bahkan harus mengulang permintaan atau pertanyaan padanya hingga lebih dari tiga kali.

Sikap anak yang seperti ini memperlihatkan bahwa dia tidak menghormati Anda dan menujukkan pada Anda dialah yang memegang kendali dalam keluarga.

Kondisi yang demikian sangat mengkhawatirkan dan jangan anggap sepele.

“Mengingatkan anak dan mengulang permintaan atau peraturan kepadanya terus menerus hanya membuat mereka semakin cuek sampai dengan peringatan berikutnya,” jelas Kevin Leman, Ph.D., psikolog dan penulis First-Time Mom:Getting Off on the Right Foot-From Birth to First Grade.

Membiarkan anak yang sering pura-pura tidak dengar orangtua, kata Leman, mengajarkan mereka untuk boleh meremehkan orang lain.

Selain itu, anak pun bisa tumbuh menjadi seseorang yang gila kuasa, tidak punya toleransi dengan lingkungan sekitar, dan kasar.

Leman mengatakan bahwa sikap anak yang demikian penyebabnya adalah orangtua yang sering berteriak-teriak di rumah ketika meminta tolong anak melakukan tugas domestik.

Menurut dia, terapkan gaya komunikasi tatap mata pada anak-anak.

Orangtua ingin anak merapikan buku pelajarannya, maka duduk dan pandang mata anak ketika Anda meminta mereka melakukan tugas tersebut.

Orangtua mau anak menolong merapikan meja makan, maka ajak anak bicara dan pandang matanya untuk mengajak mereka meringankan tugas Anda. (*)

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved