VIDEO: Pesawat Airbus A-300 Rute Australia-Denpasar Terbakar di Bandara Ngurah Rai

Pesawat yang mengangkut 200 orang tersebut mengalami crash dan tergelincir di runway 27

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Pesawat Angkasa Air jenis Airbus A-330 seri 300 PK – DPS dengan nomor penerbangan DPS 089 rute Australia menuju Denpasar mengalami gangguan teknis ketika landing, Selasa (18/10/2016).

Akibatnya, pesawat yang mengangkut 200 orang tersebut mengalami crash dan tergelincir di runway 27.

Dari data manifest yang dilakukan sebanyak 25 orang meninggal dunia, 45 orang mengalami luka berat, sisanya mengalami luka ringan.

Namun peristiwa tersebut merupakan bagian dari skenario Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke-89 PT Angkasa Pura I (Persero).

Kegiatan ini merupakan latihan terpadu berkala dan berkesinambungan untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando antarunit dan instansi sesuai dengan Dokumen PKD Bandara dan Dokumen Program Keamanan Bandar Udara.

“Tujuannya adalah memastikan bahwa prosedur yang sudah kita buat itu bisa diimplementasikan dilapangan. Kedua seluruh personil yang ada di AP I paham akan tugas dan fungsinya,” jelas Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S Baskoro kepada awak media.

Selain itu memastikan alat bantu penanggulangan itu berfungsi dengan baik semuanya.

Ia menambahkan latihan PKD ini tidak hanya latihan untuk penanganan pada kecelakaan pesawat atau aircraft crash saja.

Namun juga dilakukan simulasi kebakaran gedung atau domestic fire dan juga teror bom di bandara atau aviation security exercise.

Kegiatan ini melibatkan sekira 500 personel gabungan.

Yakni terdiri dari Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee dari Angkasa Pura I, Perum LPPNPI, TNI/Polri, Basarnas, pemadam kebakaran, serta rumah sakit di sekitar Denpasar.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved