Aduh, Kaki Kram! Lakukan Ini Agar Rasa Sakitnya Hilang

Kapanpun dan di manapun kram datang, hanya satu tindakan paling masuk akal yang perlu Anda lakukan; lenyapkan dengan segera

Aduh, Kaki Kram! Lakukan Ini Agar Rasa Sakitnya Hilang
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Mungkin Anda sedang duduk, berjalan atau bahkan sedang tidur ketika kram kaki itu datang.

Kapanpun dan di manapun kram datang, hanya satu tindakan paling masuk akal yang perlu Anda lakukan; lenyapkan dengan segera agar aktivitas kembali lancar.

Zoe Fackelman, terapis fisik di Canandaigua, NY, dan Pamela Cole, terapis fisik di Hopkins, MN, akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasi kram kaki dengan cepat dan efektif.

Penyebab kram kaki
Berlawanan dengan kepercayaan banyak orang selama ini, aktivitas fisik bukanlah penyebab utama kram.

"Ya, terlalu banyak beraktivitas atau berolahraga, misalnya lari jarak jauh memang bisa menyebabkannya. Tapi, kram kaki biasanya disebabkan oleh masalah defisiensi nutrisi. Khususnya ketidakseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh Anda," kata Pamela.

"Kram kaki terjadi, ketika otot-otot kaki berkontraksi sendiri, lalu terjadi kekakuan otot karena ada ketidakseimbangan dalam rasio air dengan elektrolit (yaitu kalium, natrium , magnesium, dan kalsium)," kata Cole.

Kram juga bisa terjadi, kalau Anda tidak melakukan peregangan jari kaki, betis, dan otot paha sebelum dan setelah latihan.

Bagaimana menghentikan kram kaki dengan cepat?
Tarik jari-jari kaki ke arah Anda. "Gerakan ini membuat otot yang kram meregang dan membantu otot menjadi rileks," kata Cole.

Anda juga dapat langsung menekan otot yang kram, kata Fackelman, dengan cara berjinjit.

Jika kram berlanjut, kompres bagian yang kram dengan air hangat .

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved