Inspirasi

Perkenalkan Ini Dewi Megawati, Kepala Unit Laboratorium Biologi di Usia 30 Tahun

Setelah enam tahun bekerja di Lembaga Eijkman, Anak Agung Dewi Megawati SSi M Biomed memutuskan kembali ke Bali dan bergabung...

Perkenalkan Ini Dewi Megawati, Kepala Unit Laboratorium Biologi di Usia 30 Tahun
Istimewa
Anak Agung Dewi Megawati SSi M Biomed. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Berharap bisa memiliki peran dalam pembangunan Bali, setelah enam tahun bekerja di Lembaga Eijkman, Anak Agung Dewi Megawati SSi M Biomed memutuskan kembali ke Bali dan bergabung dengan Universitas Warmadewa.

Dia bertugas sebagai dosen tetap sekaligus Kepala Unit Laboratorium Biologi Molekuler.

Menyukai dunia penelitian, khususnya penelitian di bidang Biologi Molekuler, membawa Dewi dipercaya membangun Laboratorium Biologi Molekuler yang berstandar Biosafety level II.

“Universitas wajib memiliki laboratoium penelitian yang merupakan bagian dari Dharma Perguruan Tinggi demi menciptakan mahasiswa yang bisa berpikir logis, kreatif, dan inovatif,” ujarnya. Saat ini perempuan kelahiran Bangli, 24 Maret 1986 itu tengah kembali melanjutkan studi di California, Amerika Serikat .

Hingga laboratorium ini berdiri, banyak waktu dan tenaga yang telah dikorbankan oleh Dewi. Mulai dari berkonsultasi dengan dosen di Universitas Indonesia (UI) dan Staf di Lembaga Eijkman.

Ia pun membuat desain laboratorium dan menyelenggarakan seminar nasional bertema “Upaya Pengembangan Riset Pengembangan Biomolekuler di Indonesia’. 

Membawa misi perkembangan kesehatan di Bali, Dewi berharap sekembalinya nanti ia bisa memberi solusi terhadap penyakit mosquito borne yang merupakan masalah utama bagi Indonesia.

“Saya akan melakukan penelitian terkait penghambatan pembentukan materi genetic pathogen pada tubuh nyamuk, sehingga pathogen tidak bisa memperbanyak diri dalam tubuh nyamuk. Melalui penelitian tersebut, penyakit ini dapat dihindari.”

Dukungan Keluarga

“Saya tidak akan bisa berhasil sampai sejauh ini tanpa dukungan dari keluarga,” ujar Dewi.

Halaman
123
Penulis: Ni Putu Vera Eryantini
Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved