Pantau Langsung Lalu Lintas 47 Persimpangan di Denpasar Lewat Ponsel, Ini Caranya!

Misalnya ada upacara agama, dengan aplikasi ini mereka tahu di mana tempatnya, dan tidak melewati jalur tersebut

Pantau Langsung Lalu Lintas 47 Persimpangan di Denpasar Lewat Ponsel, Ini Caranya!
Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara
Sejumlah petugas operator di UPT Transportasi Darat Dishub Kota Denpasar saat menjelaskan bagaimana makanisme kerja aplikasi ATCS Denpasar yang bisa memberikan live video di ponsel android, Senin (7/11/2016). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dengan aplikasi bernama ATCS Live Streaming di ponsel , warga Denpasar kini bisa pantau mana kawasan padat lalu lintas dan mana yang tidak secara real time (sekitika). Sangat membantu.

Dewa Adi Pradnyana memperlihatkan ponsel android-nya yang berisikan aplikasi ATCS Live Streaming Denpasar pada Senin (7/11/2016) siang.

Aplikasi yang diperlihatkan Kepala UPT Transportasi Darat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar, Bali itu bisa menayangkan video tayangan langsung (live streaming) kondisi lalu lintas di hampir seluruh persimpangan jalan di Kota Denpasar.

Bukan hanya itu, siapa saja yang sudah meng-instal aplikasi ini, juga bakal mendapatkan pesan yang berisi informasi kemacetan yang saat itu terjadi di jalanan Denpasar.

"Semua tayangan langsung, live streaming. Masyarakat khususnya yang punya ponsel android cukup mengunduh (download) aplikasi itu dan bisa langsung menggunakannya," terang Dewa Pradnyana kepada Tribun Bali di kantor UPT Transportasi Darat, yang berada tepat di sebelah barat Gedung Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar.

 Dewa Pradnyana kemudian mengajak Tribun Bali masuk ke ruangan operator ATCS yang berisi 10 orang yang memantau lalu lintas di hampir seluruh persimpangan di Denpasar.

Di ruangan berukuran sekitar 7 x 5 meter itu, terdapat sejumlah layar lebar yang jadi andalan untuk lakukan pemantauan.

 Jika ditemukan terdapat kemacetan lalu lintas di titik-tiik tertentu, para operator itu bakal memberikan sinyal berupa pemberitahuan yang bisa masuk ke ponsel orang-orang yang men-download aplikasi ATCS Live Streaming itu.

Begitu operator memberikan pesan, ponsel android Dewa Pradnyana yang sudah berisi aplikasi ATCS tersebut pun langsung berdering.

"Otomatis. Begitu operator mengirim pesan, otomatis pesan langsung masuk ke semua pengguna aplikasi ini. Meskipun aplikasinya tidak dibuka, tetap ada pemberitahuan di ponsel kita. Tapi pesan bisa masuk saat internetnya aktif atau on," jelas Dewa Pradnyana.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved