Ini Dua Makna Ulang Tahun Menurut Bupati Karangasem

Ia mengatakan, penyambutan hari ulang tahun bagi suatu orgaisasi apapun maka akan mengandung dua makna yang sangat esensial.

istimewa
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Wabup Karangasem I Wayan Artha Dipa menyerahkan potongan tumpeng kepada ASN pada acara resepsi HUT Korpri di Karangasem, Bali, Selasa (29/11/2016). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Resepsi peringatan HUT Korpri ke-45 menjadi puncak kegiatan peringatan hari jadi bagi Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Wantilan Kantor Bupati Karangasem. Bali, Selasa (29/11/2016).

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Sekda Kabupaten Karangasem yang sekaligus Ketua Korpri Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi serta Forkopimda Kabupaten Karangasem hadir dalam kesempatan tersebut.

Pemotongan tumpeng, acara hiburan, pergelaran seni, penyerahan hadiah lomba-lomba menyambut HUT Korpri dan penyerahan bingkisan secara simbolis kepada 158 anggota PNS Golongan I mewarnai resepsi peringatan HUT Korpri ke-45.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun ke-45 kepada segenap anggota Korpri.

Ia mengatakan, penyambutan hari ulang tahun bagi suatu orgaisasi apapun maka akan mengandung dua makna yang sangat esensial.

Pertama, bermakna peringatan yang bersifat ke dalam, dalam rangka evaluasi, intropeksi untuk sadar akan keberadaan jati dirinya sebagai referensi untuk ke depan yang lebih baik.

Kedua, bermakna perayaan yang dikandung maksud sebagai suatu pengamatan bahwa hari itu adalah hari jadinya sebagai sejarah tanggal keberadaannya.

Mas Sumatri menyampaikan, tema "Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara" sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Korpri sebagai organisasi yang mandiri diharapkan menjaga netralitas dan profesionalitas yang kedudukan dan kegiatannya tidak terlepas dari kedinasan.

Dalam rangka peringatan Hut Korpri, Mas Sumatri juga mengajak keluarga besar Korpri, khususnya Korpri Kabupaten Karangasem untuk bersama sama meningkatkan peran birokrasi sebagai komponen utama pengelola pemerintahan.

"Paradigma Korpri yang netral dan profesional serta sejahtera merupakan langkah yang sangat positif untuk kita jalani. Semoga ke depannya, KORPRI tetap mampu berperan aktif dalam reformasi birokrasi yang telah berjalan di Pemerintah Kabupaten Karangasem," imbuhnya.

Ketua Panitia peringatan HUT Korpri Kabupaten Karangasem ke-45, I Ketut Wage Saputra dalam laporannya menyebutkan berbagai kegiatan sederhana yang telah dilakukan dalam rangka memperingati HUT Korpri tahun ini.

Diantaranya, persembahyangan bersama, di Pura Penataran Agung Puncak Gunung Kembar Kenusut, Desa Pakraman Jumeneng, Kecamatan Karangasem pada 14 November 2016, Donor Darah anggota Korpri/PNS SKPD di Kabupaten Karangasem di ruang lobi Sekda pada 18 November, lomba pengucap Panca Prasetya Korpri dan pengucap Pembukaan UUD 1945 yang dilaksanakan di GOR Gunung Agung Kab Karangasem pada 22 November 2016.

Selain itu dilaksanakan juga jalan santai dan perlombaan olahraga tradisional seperti lomba tarik tambang putra, dagongan putri, lomba terompah panjang putri dan lomba lari karung putri pada 25 November 2016.

Sebagai puncak acara peringatan HUT Korpri, selain resepsi HUT Korpri, juga dilaksanakan apel bendera di Lapangan Tanah Aron dan penyerahan secara simbolis Satya Lencana Karya Satya kepada anggota Korpri serta tabur bunga di Tugu Pahlawan Ciung Wanara Amlapura.

Wage Saputra juga menyampaikan, untuk pembiayaan HUT ke-45 tahun 2016 ini bersumber dari APBD berupa kegiatan pembinaan Korpri pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karangasem dan iuran Korpri tahun 2016.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat atas terlaksananya berbagai kegiatan pada HUT Korpri.

"Utamanya kepada Ibu Bupati selaku Dewan Penasehat Korpri yang telah banyak memberikan fasilitas sehingga semua program kegiatan dapat berjalan sesuai rencana," ucapnya. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved