Wow, Patung Dewa Siwa Seukuran Patung Liberty akan Berdiri di Titik Tertinggi Nusa Penida

Patung Dewa Siwa tersebut nantinya terbuat dari perunggu dan memiliki ukuran tidak jauh beda dengan patung Liberty di New York, Amerika Serikat

Wow, Patung Dewa Siwa Seukuran Patung Liberty akan Berdiri di Titik Tertinggi Nusa Penida
Net
Ilustrasi Patung Dewa Siwa 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Mengeliatnya pariwisata di Nusa Penida membuat Pemkab Klungkung terus berinovasi menata wilayah yang berada di tenggara pulau Bali ini.

Pemkab berencana membuat ikon dengan membangun patung Dewa Siwa.

Baca: Wow, Patung Nakula Sahadewa dengan Konsep Mahabarata Bakal Saingi GWK

Patung tersebut rencananya dibangun dengan ukuran besar di titik tertinggi Nusa Penida yaitu di atas bukit puncak Mundi, Desa Klumpu yang memiliki ketinggian 526 meter di atas permukaan laut.

Patung Dewa Siwa tersebut nantinya terbuat dari perunggu dan memiliki ukuran tidak jauh beda dengan patung Liberty di New York, Amerika Serikat yang tingginya 46 meter (dari dasar patung hingga puncak patung).

“Tahap awal, sudah kami sosialisasikan rencana ini beberapa waktu lalu dan mendapatkan respon positif dari beberapa tokoh masyarakat di Nusa Penida. Jadi rencanaya nanti patung Dewa Siwa berukuran besar ini akan menghadap utara. Kami bangun di titik tertinggi Nusa Penida sehingga kemegahan patung bisa terlihat juga dari Bali daratan,” jelas Camat Nusa Penida, I Gusti Agung Mahajaya, Rabu (28/12/2016).

Pembanguna patung Dewa Siwa tersebut dipilih berdasarkan sejarah panjang Nusa Penida yang tertuang pada babad Noesa.

Selain patung sebagai ikon, lokasi tersebut akan dibangun destinasi wisata baru yang terdiri dari panggung, wantilan, gedung pertemuan, geleri pameran, serta toilet yang representatif.

Untuk mencapai lokasi patung tersebut, direncanakan dibangun tangga sepanjang total lebih dari 1 kilometer.

“DED (Detail Engineering Design) dari patung dan objek wisata tersebut baru akan kami buat di 2017 mendatang. Anggaran yang dibutuhkan dari pembangunan ini tidak sedikit dan bisa mencapai sekitar 500 miliar sehingga jika sukses, pembangunan pasti akan dilakukan secara bertahap,” kata Mahajaya.

Staf ahli Bupati Klungkung I Nyoman Sudipa menjelaskan, tidak mudah untuk merealisasikan pembangunan patung Dewa Siwa dengan bentuk yang pas dan sesuai dengan pakem atau ciri khas Nusa Penida.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved