Tegaskan Komitmen Pembangunan Tol Laut, Jokowi: Khusus Daerah Yang Sulit Dijangkau

Jokowi mengingatkan pembangunan konektivitas tersebut bukan semata membangun infrastruktur transportasi

Tegaskan Komitmen Pembangunan Tol Laut, Jokowi: Khusus Daerah Yang Sulit Dijangkau
kompas.com
Presiden Joko Widodo usai mengungkapkan kemarahannya saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pencatutan nama Presiden dalam permintaan saham Freeport di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/12/2015). Presiden menilai bahwa tindakan itu melanggar kepatutan, kepantasan, moralitas dan wibawa negara. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menekankan infrastruktur transportasi yang memudahkan mobilitas orang dapat menurunkan biaya logistik dan produk.

Untuk itu, memasuki 2017, Jokowi ingin menegaskan kembali mengenai prioritas pembangunan infrastruktur transportasi yang menjalin konektivitas antarkota, antarkabupaten, antarprovinsi, antarpulau, dan antar wilayah.

"Khususnya untuk daerah-daerah yang masih sulit terjangkau," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Jokowi mengingatkan pembangunan konektivitas tersebut bukan semata membangun infrastruktur transportasi.

Tapi juga sistem lain yang mengiringinya.

Sistem logistik dan distribusi merupakan satu hal yang disinggungnya.

"Itu artinya kita tidak cukup hanya membangun pelabuhan dan bandara," katanya.

Menurutnya untuk menciptakan konektivitas antarwilayah tidak cukup dengan menyediakan angkutan barang di laut maupun di udara.

Guna memastikan distribusi barang dapat merata dan sampai ke berbagai pelosok, Jokowi ingin pembangunan tol laut dan jembatan udara benar-benar terintegrasi dengan kawasan industri dan sentra logistik.

Hal tersebut penting mengingat warga yang berada di pelosok bukan hanya harus membayar dengan harga yang berlipat, tapi berpuluh kali lipat lebih mahal dengan yang ada di Jawa.

Halaman
12
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved