Misteri Sosok Berjubah Putih Yang Tampakkan Diri Pada Penjaga Makam Pahlawan

Apa saja kisah mereka yang menjaga makam ini? Berikut penuturan dari penjaga makam yang sudah 33 tahun menjaga

Misteri Sosok Berjubah Putih Yang Tampakkan Diri Pada Penjaga Makam Pahlawan
Tribun Jogja
Suharyadi (56) penjaga Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, di Jalan Kusumanegara, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta menyapu sampah bunga yang dibawa peziarah. 

TRIBUN-BALI.COM, YOGYAKARTA - Taman Makam Pahlawan Nasional Kusumanegara Yogyakarta menjadi saksi bisu orang-orang yang telah berjuang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Apa saja kisah mereka yang menjaga makam ini? Berikut penuturan dari penjaga makam yang sudah 33 tahun menjaga kompleks Kusumanegara.

Satu di antara beberapa penjaga makam di Kusumanegara adalah Suharyadi (56), dari rekannya, dia paling senior yang menjaga makam yang terletak di Jalan Kusumanegara, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta.

Ribuan pahlawan termasuk 5 orang pahlawan nasional yaitu Jenderal Sudirman, Brigjen Urip Sumoharjo, Supeno, Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiyono dimakamkan di Kusumanegara.

Tak heran jika makam selalu ramai dikunjungi dan diziarahi berbagai kalangan mulai para petinggi negara maupun orang biasa.

Suharyadi punya tanggung jawab menjaga kebersihan, kerapian dan kemanan kompleks.

"Semuanya ada 12 orang yang mengelola di sini, bisa dibilang saya yang paling senior," ujarnya ketika ditemui beberapa waktu lalu

12 orang bergantian merawat taman makam mulai dari membersihkan sampah, menjaga, piket malam, melayani rombongan ziarah hingga menjadi guide dadakan untuk menjelaskan tentang taman makam yang tercatat memiliki 1.941 nisan.

"Tapi itu jumlah kurang lebih, kalau jumlah pastinya bukan segitu karena ada 1 makam diisi 2 sampai 3 jenazah," ujarnya.

Bertugas sejak 1982 suka duka yang dialami pria asal Jeruklegi Tegaltandan Banguntapan Bantul ini, mulai dari berjaga sampai malam dan tidak pulang ke rumah hingga perlakuan pengunjung yang tidak sopan dan lainnya.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved