5 Peburu Liar Buronan! Beraksi di Hutan Buleleng Saat Kijang Cari Air Malam Hari

lima pelaku pencurian yang menyaru hendak sembahyang di Pura Prapat Agung berhasil kabur, meski mereka sempat diperiksa petugas.

5 Peburu Liar Buronan! Beraksi di Hutan Buleleng Saat Kijang Cari Air Malam Hari
Tribun Bali
Petugas menunjukkan empat ekor kijang yang telah mati, Sabtu (14/1/2017), di kantor TNBB di Negara, Kabupaten Jembrana. Kijang itu diambil dari mobil para pemburu liar, yang melarikan diri saat akan diperiksa. 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Jajaran petugas Polisi Hutan (Polhut) Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berhasil menggagalkan upaya perburuan liar satwa yang dilindungi berupa empat ekor kijang (muntiacus muncak) di hutan Tegal Bunder, Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, Sabtu (14/1/2017) dini hari.

Namun sayang, lima pelaku pencurian yang menyaru hendak sembahyang di Pura Prapat Agung berhasil kabur, meski mereka sempat diperiksa petugas.

Menurut pengakuan sejumlah nelayan lokal Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya (Kabupaten Jembrana) yang kerap menangkap ikan di sekitar kawasan Pura Prapat Agung, upaya pencurian satwa dilindungi kerap dia pergoki  di dalam kawasan TNBB (Taman Nasional Bali Barat).

Baca: Kamu Wajib Tahu! Inilah 13 Fauna yang Hidup di Taman Nasional Bali Barat
Baca: 5 Orang Menyaru Sembahyang di Hutan Buleleng, Petugas Justru Temukan 4 Kijang Mati Ditembak

Para pelaku pencurian yang disinyalir berasal dari luar Bali (Jawa) ini datang menaiki perahu jukung, dan merapat di sekitar Pura Prapat Agung.

Mereka kemudian mencuri kijang atau menjangan ketika hewan ini mandi di pinggiran pantai.

"Dulu sempat saya lihat nelayan dari Jawa menangkap menjangan pada malam hari. Jadi pas menjangan-menjangan itu mandi atau cari air, mereka ditangkap pakai jerat dan memang tidak ada petugasnya saat itu," ungkap warga yang hanya mau disebut inisialnya KW ketika dikonfirmasi Sabtu (14/1/2017).

Di Pulau Menjangan (yang juga masuk kawasan TNBB) diketahui bahwa kijang-kijang sering datang ke sana dengan berenang dari Bali daratan.

Biasanya, mereka datang ke Pulau Menjangan dengan berenang sejauh 1,2 mil setiap musim semi. (*)

Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved