Dinkes Bali Sosialisasikan Fokus Program Kesehatan

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat agar rutin melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi gizi seimbang dan menjaga makan.

Dinkes Bali Sosialisasikan Fokus Program Kesehatan
Tribun Bali
Rapat Dinas Kesehatan Bali membahas tentang fokus pembangunan kesehatan, di Dinas Kesehatan Bali, Denpasar, Rabu (18/1/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dinas Kesehatan Provinsi Bali melakukan pertemuan dengan media cetak dan elektronik guna mensosialisasikan fokus program pembangunan kesehatan yang akan dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Bali di tahun 2017 ini, di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali, di Denpasar, Rabu (18/1/2017).

Pertemuan dibuka Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya MPPM.

Program-program prioritas tersebut di antaranya penurunan angka kematian ibu dan anak, termasuk imunisasi, perbaikan gizi khususnya stunting, pengendalian HIV/AIDS, tuberkolosis dan malaria, pengendalian penyakit tidak menular, seperti hipertensi, diabetes, obesitas, dan kanker.

dr Ketut Suarjaya MMPM juga menekankan pada program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat agar rutin melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi gizi seimbang dan menjaga makan.

“Sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Banyak makanan mengandung zat pewarna, pengawet, dan minyak yang dipakai menggoreng tak jarang adalah minyak jelantah. Itu mengapa banyak yang tiba-tiba terserang kanker, stroke, gangguan fungsi hati dan lain-lain,” ucap Ketut Suarjaya.

Prioritas kegiatan diutamakan pada kegiatan promotif dan preventif, termasuk kegiatan pro-aktif menjangkau sasaran ke luar gedung puskesmas.

“Petugas puskesmas dan dinas kesehatan sekarang sudah melakukan pendekatan keluarga, langsung terjun ke rumah-rumah untuk menjangkau masyarakat,” jelasnya.

“Di Bali baru 3 kabupaten yang dinobatkan sebagai kabupaten/kota sehat, yaitu Kabupaten Badung, Gianyar, dan Kota Denpasar. Di 2017 ini, mudah-mudahan keenam kabupaten lain bisa menyusul masuk ke dalam kategori kabupaten/kota sehat,” tambahnya. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved