Imigrasi Tolak 21 WNA di Bali

Hasil pengawasan keimigrasian terhadap WNA dan WNI mulai 1 Januari s/d 17 Pebruari 2017 juga memberikan hasil yang cukup signifikan.

Imigrasi Tolak 21 WNA di Bali
Tribun Bali / Manik Priyo Prabowo
Sejumlah wisatawan sedang memperpanjang Visa on Arrival di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Mumbul, Badung, Bali, Jumat (1/4/2016). 

TRIBUN-BALI.COM - Anggota TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali menolak 21 warga negara asing (WNA) yang akan memasuki Indonesia via bandara tersebut.

Hal itu disampaikan Dirjen Imigrasi, Ronni F Sompie kepada Tribun Bali, Sabtu (18/2/2017).

Hal yang sama juga dilakukan pihak Imigrasi di beberapa bandara internasional di Indonesia.

Diantaranya, Soekarno-Hatta 92 orang, Batam 31 orang, Medan 25 orang, Bandung 6 orang, dan Batam 3 orang.

"Jumlah keseluruhan 179 orang," ucap Sompie.

Selain itu, hasil pengawasan keimigrasian terhadap WNA dan WNI mulai 1 Januari s/d 17 Pebruari 2017 juga memberikan hasil yang cukup signifikan.

Mantan Kapolda Bali ini menjelaskan, pihaknya melakukan penolakan pemberian paspor RI dengan alasan akan bekerja di luar negeri namun tidak dilengkapi dokumen perizinan yang sah atau non prosedural.

Penolakan pemberian paspor itu dilakukan di Mataram sebanyak 55 orang, Blitar 34 orang, Kediri 31 orang, Cirebon 31 orang, Tanjung Perak 23 orang, Poliwali Mandar 23 orang, Cilacap 16 orang, Bogor 11 orang, Ponorogo 8 orang, Kalianda 7 orang, Pare Pare 6 orang, Sampit 6 orang, Jambi 6 orang, dan Pangkal Pinang 1 orang.

Tak hanya di kantor pelayanan, pihak Imigrasi juga memperketat pemeriksaan dan mencegah keberangkatan ke luar negeri jika tidak memiliki dokumen lengkap di titik vital yaitu bandara-bandara internasional.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 133 orang berhasil diverifikasi dan dicegah keberangkatannya.

Di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 72 orang, Batam 31 orang, Medan 14 orang, Surabaya 10 orang, dan Bandung 6 orang.(*)

Penulis: Aloisius H Manggol
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved