Masyarakat Bali Diprediksi Banyak Gadaikan Barang Jelang Nyepi

Jelang hari raya Nyepi, banyak masyarakat Bali yang membutuhkan dana cepat dan menjadikan PT Pegadaian Persero Tbk sebagai alternatifnya.

Masyarakat Bali Diprediksi Banyak Gadaikan Barang Jelang Nyepi
Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
suasana pegadaian emas 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jelang hari raya Nyepi, banyak masyarakat Bali yang membutuhkan dana cepat dan menjadikan PT Pegadaian Persero Tbk sebagai alternatifnya.

Selain untuk membeli kebutuhan upacara, dana cepat ini juga digunakan untuk mendapatkan modal kerja bagi pedagang. Untuk itu, Nyepi pada 28 Maret 2017 ini, diprediksikan akan ada peningkatan transaksi sebesar 10-15 persen dibandingkan hari biasa.

Humas PT Pegadaian Kanwil VII Denpasar, I Made Mariawan, menjelaskan fenomena ini umum terjadi setiap tahun jelang Nyepi.

“Dari tahun ke tahun memang ada peningkatan transaksi di pegadaian sekitar 10-15 persen, sehingga untuk tahun ini kami juga memprediksi demikian,” katanya di Denpasar, Selasa (14/3/2017).

Lonjakan transaksi, kata dia, biasanya terlihat sejak H-7 hari raya, hingga 7 hari setelah Kuningan. Selanjutnya, setelah itu transaksi akan berjalan normal seperti biasa, dan peningkatan transaksi ini akan terlihat di semua kantor cabang pegadaian.

Lonjakan transaksi pada H-7 ini disebabkan masyarakat umum atau pribadi akan mempersiapkan kebutuhan untuk persembahyangan.

Sedangkan perdagangan, untuk modal kerja jelang hari raya. Barometer peningkatan di Bali, kata dia, dilihat dari Pegadaian Cabang Renon, dengan transaksi per hari bisa  mencapai Rp 300–Rp 400 juta, sehingga  apabila ada upacara  besar umat  Hindu akan ada peningkatan  hingga 15 persen. Mengingat, sejauh ini transaksi di pegadaian didominasi pedagang baik untuk tebusan maupun gadai. Setelah itu, disusul masyarakat umum, pegawai, petani, dan nelayan.

“Untuk gadai hingga saat ini, masih didominasi perhiasan emas maupun emas batangan dengan persentase hingga 90 persen. Selanjutnya disusul gadai BPKB,”  imbuhnya.

Pihaknya pun tidak melakukan persiapan khusus, karena ini periodik setiap tahunnya. Namun, untuk  permintaan modal kerja, pihaknya menyiapkan tidak  terbatas, artinya berpapun yang dibutuhkan masyarakat bisa dilayani dan difasilitasi oleh pegadaian. (*)

Info ter-UPDATE tentang BALI, dapat Anda pantau melalui:
Like fanpage >>> https://www.facebook.com/tribunbali
Follow >>> https://twitter.com/Tribun_Bali
Follow >>> https://www.instagram.com/tribunbali
Subscribe >>> https://www.youtube.com/Tribun Bali

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: I Gusti Agung Bagus Angga Putra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved