Dua Barongsai Iringi Tedunnya Pralingga Ida Ratu Ngurah Subandar

Saat prosesi ritual Mepepada Agung dua barongsai menari mengiringi tedunnya pralingga Ida Ratu Ngurah Subandar yang berstana di Konco Batur

Dua Barongsai Iringi Tedunnya Pralingga Ida Ratu Ngurah Subandar
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Barongsai menari mengiringi tedunnya pralingga Ida Ratu Ngurah Subandar yang berstana di Konco Batur dalam mepepada agung, Selasa (11/4/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Muhammad Fredey Mercury

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Ada yang unik dari upacara Karya Ngusaba Kadasa di Pura Ulun Danu Batur yang dilaksanakan pada hari Selasa (11/4/2017).

Pasalnya saat prosesi ritual Mepepada Agung dua barongsai menari mengiringi tedunnya pralingga Ida Ratu Ngurah Subandar yang berstana di Konco Batur dalam mepepada agung tersebut.

Kepada Tribun Bali, Dane Jro Gede Batur Duuran menjelaskan, tujuan adanya barongsai dalam ritual mepepada agung adalah untuk menetralisir aura negatif alam semesta beserta isinya.

Sedangkan ritual Mepepada Agung sendiri bertujuan untuk menyucikan seluruh sarana sesajen yang akan dipersembahkan kehadapan Ida Betara-Betari di Puru Ulun Danu Batur.

Selain itu, Dane Jro Gede Batur Duuran juga menuturkan, Mepepada Agung dilaksanakan sebelum Puncak Karya. Tujuannya, untuk mensucikan sarana sesajen dan hewan yang nantinya akan dijadikan persembahan karya.

"Saat Mepepada Agung, ida betara-betari juga mececingak untuk memberikan merta atau anugrah kepada seluruh masyarakat," tuturnya.

Dalam prosesi itu, setidaknya melibatkan lima puluh kelompok gamelan dari seluruh Bali.

Usai pelaksanaan mepepada Agung, selanjutnya bersembahyangan bersama dilaksanakan yang bertujuan untuk memohon keselamatan dan kedamaian alam semesta beserta isinya.

Terlihat puluhan ribu umat Hindu dari seluruh Bali dan warga keturunan Tionghoa tumpah ruah dalam pelaksanaan prosesi ritual tersebut. (*)

Info ter-UPDATE tentang BALI, dapat Anda pantau melalui:
Like fanpage >>> https://www.facebook.com/tribunbali
Follow >>> https://twitter.com/Tribun_Bali
Follow >>> https://www.instagram.com/tribunbali
Subscribe >>> https://www.youtube.com/Tribun Bali

Editor: I Gusti Agung Bagus Angga Putra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved