Hari Ini dalam Sejarah: Titanic Tenggelam dalam Pelayaran Perdana

Dalam pelayaran perdananya dari Southampton menuju New York, Titanic sempat singgah di Cherbourg, Perancis dan Queenstown, Irlandia

(Cobh Heritage Center/Wikipedia)
Kapal pesiar RMS Titanic di pelabuhan Cobh, Irlandia pada 11 April 1912 atau empat hari sebelum tenggelam. 

TRIBUN-BALI.COM - Salah satu kisah masa lalu yang paling dikenang warga dunia adalah tragedi tenggelamnya Titanic dalam pelayaran perdananya.

Pada 15 April 1912, Titanic yang sebelumnya diklaim sebagai kapal yang tak bisa tenggelam, karam setelah menabrak sebuah gunung es di Samudra Antlantik Utara.

Kapal yang menjalani pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris. menuju New York itu akhirnya karam membawa 1.517 orang penumpang dan awaknya.

Kapal yang dibangun perusahaan pelayaran White Star, Inggris, itu di masanya merupakan kapal pesiar paling mewah di dunia.

Dengan panjang 274 meter dan tinggi sekitar 30 meter, Titanic adalah kapal yang bisa melaju dengan kecepatan maksimal 30 knot.

Sehingga, selain menjadi yang termewah dan terbesar, Titanic juga menjadi kapal pesiar tercepat di dunia.

Dengan kompartemen yang dibangun sangat rapat sehingga mampu mencegah rembesan air laut, maka kapal ini secara teori memang tak bisa tenggelam.

Dalam pelayaran perdananya dari Southampton menuju New York, Titanic sempat singgah di Cherbourg, Perancis dan Queenstown, Irlandia.

Kapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912.
Kapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912. ((Robert John Welch/Harland & Wolff/Wikipedia))

Saat itu, Titanic membawa 2.206 penumpang dan 898 orang awak.

Sebenarnya kru Titanic sudah mendapat kabar kondisi di laut Atlantik Utara. Cuaca yang cukup hangat membuat banyak gunung es pecah dan hanyut ke lautan termasuk ke alur pelayaran kapal.

Halaman
123
Editor: I Gusti Agung Bagus Angga Putra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved